Ini Alasan Mesir Batal Kirim Senjata ke Rusia dan Malah Pasok Amunisi untuk Ukraina

Jum'at, 21 April 2023 - 23:00 WIB
loading...
A A A
Mereka juga menunjukkan bagaimana persaingan kekuatan yang hebat telah memungkinkan Mesir untuk mencari keuntungan baru, karena hubungannya dengan Amerika Serikat menjadi kurang penting.

“Fakta persaingan semata menciptakan celah untuk kemenangan mudah dengan AS, dan Anda dapat membayangkan bahwa ini akan merugikan agenda demokrasi dan hak asasi manusia,” kata Michael Hanna, direktur program AS di International Crisis Group.



Dokumen-dokumen itu tidak menunjukkan apakah Kairo kemudian menghidupkan kembali rencana Moskow atau apakah telah memasok Amerika Serikat dengan amunisi untuk Ukraina.

The Post sebelumnya melaporkan, bahwa Mesir telah membantah memproduksi roket untuk Rusia, dan seorang pejabat pemerintah AS, berbicara dengan syarat anonimitas untuk menangani informasi sensitif, mengatakan kepada The Post bahwa tidak ada indikasi Mesir telah melaksanakan rencana tersebut.

Disajikan dengan dokumen baru, juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir tidak menanggapi permintaan komentar atas materi yang bocor. Setelah laporan awal tentang produksi roket Rusia, media milik pemerintah Mesir melaporkan bahwa para pejabat membantah klaim tersebut, dengan mengatakan bahwa klaim tersebut "tidak memiliki dasar kebenaran".

Seorang pejabat senior administrasi Biden berkata, "Mesir adalah mitra dekat dan kami secara teratur terlibat dengan kepemimpinannya dalam sejumlah masalah regional dan global."
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)