Ini Alasan Mesir Batal Kirim Senjata ke Rusia dan Malah Pasok Amunisi untuk Ukraina

Jum'at, 21 April 2023 - 23:00 WIB
loading...
Ini Alasan Mesir Batal Kirim Senjata ke Rusia dan Malah Pasok Amunisi untuk Ukraina
Ini Alasan Mesir Batal Kirim Senjata ke Rusia dan Malah Pasok Amunisi untuk Ukraina, FOTO/Pravda
A A A
KAIRO - Mesir menghentikan rencana untuk secara diam-diam memasok roket ke Rusia bulan lalu, setelah pembicaraan dengan pejabat senior Amerika Serikat (AS). Mesir malah memutuskan untuk memproduksi amunisi artileri untuk Ukraina .

Seperti dilaporkan Wasington Post, Senin (17/4/2023), hal itu terungkap dalam lima dokumen intelijen AS yang bocor yang belum pernah dilaporkan sebelumnya. The Washington Post pekan lalu melaporkan dokumen lain yang mengungkap skema rahasia oleh Presiden Mesir Abdel Fatah El-Sisi pada Februari untuk memberi Rusia hingga 40.000 roket Sakr-45 122mm, yang dapat digunakan dalam peluncur roket multiple-launch Rusia.



“Sisi menginstruksikan bawahannya untuk merahasiakan proyek tersebut untuk menghindari masalah dengan Barat,” kata dokumen itu.

Tetapi dokumen-dokumen baru, yang diperoleh The Post dari kumpulan materi yang diduga diposting di Discord oleh seorang anggota Garda Nasional Udara Massachusetts, tampaknya menunjukkan Sisi pada awal Maret mundur dari rencana untuk memasok Moskow.

Mesir, meskipun memiliki hubungan diplomatik dan militer jangka panjang dengan Rusia, selama beberapa dekade telah menjadi sekutu utama Amerika di Timur Tengah dan menerima lebih dari USD1 miliar per tahun dalam bantuan militer AS.

Dalam kemenangan diplomatik yang nyata untuk pemerintahan Biden, sebuah dokumen baru yang bocor menyatakan bahwa Mesir mengesampingkan kesepakatan Moskow dan menyetujui penjualan peluru artileri 152mm dan 155mm ke Amerika Serikat untuk dipindahkan ke Ukraina.



Washington telah berusaha untuk mendapatkan pendukung baru — dan sangat membutuhkan amunisi — untuk perjuangan Kiev melawan pasukan Rusia. Mesir bermaksud menggunakan kapasitasnya untuk memproduksi senjata bagi Ukraina sebagai “pengungkit” untuk mendapatkan barang-barang militer AS yang canggih, kata dokumen itu.

Secara keseluruhan, dokumen-dokumen tersebut memberikan wawasan baru tentang diplomasi yang tenang namun berisiko tinggi dari pemerintahan Biden dengan negara-negara yang berusaha untuk tetap berada di pinggiran kebuntuan Washington yang semakin intensif dengan Moskow.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)