Menteri Dalam Negeri Turki: Seluruh Dunia Benci Amerika, Reputasinya Goyah

Kamis, 20 April 2023 - 21:16 WIB
loading...
A A A
Menekankan pentingnya pemilu yang akan datang, Solyu menyarankan bahwa itu akan menjadi sejarah dalam pembuatan.

“Turki mengubah sejarah. Ini adalah pemilu yang akan mengubah sejarah sepenuhnya. Itulah mengapa Amerika menekan kita, Eropa menekan kita. Itu sebabnya Kandil (perbukitan Irak utara di mana Ankara menuduh pejuang Kurdi Turki bersembunyi) sedang terburu-buru, sementara PKK (kelompok militan Kurdi yang diklasifikasikan Turki sebagai teroris) menekan kami. Ini bukan pilihan Tayyip Erdogan, ini pilihan generasi mendatang Turki, pilihan kemerdekaan penuh Turki,” papar Solyu.

Warga Turki akan pergi ke tempat pemungutan suara untuk pemilihan presiden dan parlemen pada 14 Mei, dengan Erdogan mewakili Aliansi Rakyat yang dipimpin oleh Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa.

Lawannya adalah Kemal Kilicdaroglu dari Nation Alliance. Erdogan dan Kilicdaroglu telah bersaing ketat dalam jajak pendapat sejak Maret, dengan jajak pendapat yang berkisar secara dramatis tergantung pada siapa yang melakukan pemungutan suara, dari keunggulan sembilan setengah poin untuk Kilicdaroglu, hingga keunggulan 7,7 poin untuk Erdogan.

Perlombaan putaran kedua akan diadakan di kemudian hari jika tidak ada kandidat yang memperoleh lebih dari 50% suara di putaran pertama.

Perasaan anti-Amerika pendukung Erdogan meningkat awal bulan ini setelah Duta Besar AS untuk Turki Jeff Flake secara pribadi bertemu dengan Kilicdaroglu.

Erdogan mengecam langkah itu, dengan mengatakan duta besar “perlu mengetahui tempatnya” sebagai seorang diplomat.

Turki, yang pernah menjadi benteng NATO di sepanjang sisi Laut Hitam dan Mediterania, secara bertahap mendorong untuk meningkatkan otonomi strategisnya dari Washington di bawah Erdogan di tengah sikap dingin Turki terhadap AS dan Barat secara umum.

Dugaan dukungan Amerika untuk upaya kudeta Juli 2016, lebih dari tiga dekade pembicaraan macet tentang kemungkinan aksesi Turki ke UE, dan keluhan lainnya telah membuat banyak orang Turki sinis tentang aliansi dengan Barat, dan menuntut kebijakan luar negeri dan dalam negeri yang lebih independen.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)