Pakar: Satelit Militer Korut Diluncurkan untuk Target Musuh dengan Rudal Nuklir

Kamis, 20 April 2023 - 16:16 WIB
loading...
Pakar: Satelit Militer Korut Diluncurkan untuk Target Musuh dengan Rudal Nuklir
Pemimpin Korut Kim Jong-un mengawasi latihan artileri bersama putrinya. Foto/kcna
A A A
SEOUL - Asisten profesor di Universitas Studi Korea Utara Korea Selatan Kim Dong-yup memperingatkan untuk tidak meremehkan Pyongyang.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengumumkan pengembangan satelit militer selama kunjungannya ke Administrasi Negara untuk Pembangunan Luar Angkasa pada 18 April 2023.

Menurut Kim Dong-yup, Kim Jong-un menekankan pentingnya mengembangkan berbagai jenis satelit dengan bidang aplikasi yang berbeda, termasuk satelit meteorologi, satelit jarak jauh Bumi, komunikasi, pendidikan, dan ilmiah.

Pemimpin Korea Utara juga memberikan informasi terperinci tentang peran satelit observasi militer, menyoroti relevansi memiliki kemampuan observasi ruang angkasa untuk memantau pergeseran konstan dan pengerahan kembali musuh, terutama mengingat penyebaran banyak aset strategis Amerika Serikat (AS) di semenanjung Korea.

"Kim Jong-un memperjelas bahwa Korea Utara membutuhkan satelit observasi militer untuk memberikan pasukan militer Korea koordinat yang akurat atau rute gerak maju real-time untuk menargetkan musuh dengan berbagai rudal dan cara lain untuk mengirimkan senjata nuklir," ungkap profesor Kim.



Kim Jong-un juga dilaporkan menekankan perlunya memperkuat potensi pertahanan independen negara untuk penggunaan kekuatan militer preemptive dan memberikan pengertian khusus dan pentingnya langkah-langkah ini sebagai tulang punggung kedaulatan Korea Utara dan hak untuk membela diri.

Dia memperjelas, Korea Utara membutuhkan satelit observasi militer untuk menyediakan pasukan militernya dengan koordinat yang akurat atau rute gerak maju waktu nyata untuk menargetkan musuh dengan berbagai rudal dan cara lain untuk mengirimkan senjata nuklir.

Pengumuman ini sejalan dengan penekanan pada penguatan pasukan pencegahan pada pertemuan ke-6 Komite Militer Pusat yang Diperluas dari Partai ke-8 yang diadakan pada tanggal 10 April 2023.

“Sulit untuk mengatakan apa kemampuan satelit observasi Korea, dan beberapa mungkin ingin menganggap ini tidak berarti. Kita tidak boleh melebih-lebihkan potensi Korea Utara bersamaan dengan meremehkannya, yang bahkan lebih berbahaya,” ujar pakar tersebut memperingatkan.

Dia memperkirakan penyebaran satelit observasi akan terjadi antara Mei dan September, mengikuti semua aturan dan prosedur internasional, termasuk menginformasikan Organisasi Maritim Internasional dan Unit Komunikasi Listrik Internasional untuk memastikan legitimasi penyebaran tersebut.

Karena satelit itu untuk militer dan observasi, kemungkinan akan dinamai Kim Jong-un, daripada memiliki nama umum Kwangmyongsong-5.

Selanjutnya, Kim Dong-yup mencatat bahwa Kim Jong-un didampingi oleh para pemimpin dari Badan Intelijen Teknis Tentara Rakyat Korea Utara, yang menunjukkan mereka mungkin mengendalikan aset militer ini di masa depan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)