Libur Lebaran ke Arab Saudi, Ini Destinasi Wisata yang Harus Dikunjungi

Rabu, 19 April 2023 - 06:27 WIB
loading...
Libur Lebaran ke Arab Saudi, Ini Destinasi Wisata yang Harus Dikunjungi
Masjid Nabawi menjadi salah satu destinasi wisata religi di Arab Saudi yang wajid dikunjungi saat libur lebaran. Foto/The Invitation Magazine
A A A
JAKARTA - Sudah suatu hal yang lumrah bagi kaum berduit untuk menghabiskan waktu libur dengan berjalan-jalan ke luar negeri. Khusus libur lebaran, momen ini biasanya dijadikan sebagai ajang wisata religi bersama keluarga. Selain menghilangkan rasa penat dari rutinitas keseharian, wisata religi juga bisa menambahkan keimanan.

Arab Saudi adalah salah satu destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi umat Islam. Umat Islam menyambangi kerajaan di Teluk Arab ini untuk melakukan umrah di bulan Ramadhan hingga merayakan Idul Fitri.

Meski begitu, Arab Saudi tidak hanya menawarkan wisata religi. Negeri di Jazirah Arab ini juga mempunyai sejumlah tempat wisata yang juga menarik untuk dijadikan staycation.

Berikut adalah destinasi wisata religi dan staycation di Arab Saudi yang bisa dikunjungi saat libur lebaran yang dikutip dari sejumlah sumber.

1. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah sebuah bukit yang terletak di kota Makkah. Terletak di sebelah timur Gunung Arafat, bukit ini diyakini sebagai lokasi bertemunya Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah berpisah dari surga dan diturunkan ke bumi.

Bukit ini kerap menjadi salah satu destinasi wisata religi yang dikunjungi selama lebaran. Para jamaah yang datang biasanya datang setelah melakukan rangkaian ibadah umrah. Mereka menaiki bukit dan memberi penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW serta berdoa meminta ampunan kepada Allah SWT.

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah salah satu masjid terbesar di dunia. Tempat ini wajib dikunjungi oleh umat Islam di seluruh dunia, baik saat melakukan ibadah haji maupun umrah.

Di masjid ini terdapat makam Nabi Muhammad SAW dan kedua sahabatnya yaitu Abu Bakar As-Shiddiq dan Umar bin Khattab.

Masjid ini telah beberapa kali mengalami perluasaan. Saat ini, luas masjid telah mencapai 100 kali dibanding ukuran aslinya. Dengan luas hampir mencapai 500 hektare, masjid ini mampu menampung 500 ribu jamaah sekaligus.

3. Oasis di Al Ahsa

Oasis di Al Ahsa adalah salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Mempunyai visual yang menakjubkan, Oasis Al Ahsa memiliki sekitar 2,5 juta pohon palem dan pemandangan alam lainnya yang menonjol seperti gua di Pegunungan Al Qarah atau Jempol Yehuda.

Ini adalah pilihan perjalanan yang bagus untuk liburan yang ramah keluarga. Anda juga dapat menikmati kunjungan ke berbagai perkebunan, termasuk perkebunan kurma dan padi, atau mampir ke pasar lokal, Souq Al Qaisariya, untuk tekstil, wewangian, rempah-rempah, dan barang antik berwarna-warni seperti teko berhias dan peti antik.

4. Situs Warisan Dunia UNESCO di Jeddah

Jeddah bisa menjadi salah satu tempat terbaik untuk berwisata selama Idul Fitri di Arab Saudi. Nikmati sedikit sejarah, belanja, dan pilihan makanan di Al Balad, Situs Warisan Dunia UNESCO yang terkenal dengan arsitektur kuno dan balkon kayu berukir halus yang membawa Anda menyusuri jalur sejarah.

Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan Yayasan Raja Fahad, air mancur tertinggi dari jenisnya di dunia. Ingin bersantai? Bermalas-malasan di banyak pantai pribadi termasuk Pantai Oia dan Pantai Indigo dan nikmati beberapa aktivitas menyenangkan di atas air seperti wisata perahu dan wahana jet ski yang memercikkan air.

5. Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid pertama yang didirikan dalam sejarah agama Islam. Masjid yang terletak di sebelah selatan kota Madinah ini adalah masjid terkemuka kedua di kota itu setelah Masjid Nabawi.

Masjid ini mempunyai tempat khusus di hati umat Islam, bagi jamaah yang mengunjungi Madinah, Masjid Quba menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

Masjid ini kini memiliki 4 menara dengan 56 kubah yang terhubung ke rumah imam dan muazin, perpustakaan, tempat bagi para penjaga di bagian 112 meter persegi, dan pusat pemasaran dengan 12 toko yang meliputi area seluas 450 meter persegi. Masjid ini memiliki 64 toilet untuk pria, 32 toilet untuk wanita, dan 42 unit untuk wudhu. Masjid ini bisa menampung hingga 20 ribu jamaah.

6. Umluj, Maladewa Arab Saudi

Umluj terkenal dengan pantainya yang berpasir putih murni dan air yang biru jernih. Wisatawan bisa menikmati naik perahu yang tenang atau menyelam dan menikmati keajaiban alami yang ada di bawah terumbu karang yang berwarna warni. Ambil bukit pasir hitam yang terbentuk secara alami atau masuki gua-gua ajaib untuk mencari tahu apa yang ada di dalamnya.

Di sini juga terdapat Taman Wisata Duqm untuk merasakan wahana di sepanjang rerumputan hijau dan pantai berpasir. Nikmati beberapa warisan di Museum Warisan Al Manakhah atau petik mangga di Taman Mangga.

7. Kepulauan Farasan di Jizan

Tempat yang bagus untuk bepergian untuk staycation di Saudi adalah Kepulauan Farasan di Jizan. Terdiri dari 84 pulau karang, Kepulauan Farasan memiliki vegetasi dan tanaman hijau yang lebat. Tempat yang indah juga merupakan tempat yang sempurna untuk snorkeling dan menyelam. Berjalanlah di tepi pantai untuk mengalami kekayaan sejarah dan satwa liar, atau ambil perahu dan pancing untuk melihat tangkapan menarik yang bisa tangkap.

Juga ada pemandangan menarik di Pegunungan Fayfa. Puncak indah lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut kemungkinan besar akan membuat Anda terkagum-kagum dengan pemandangan yang menakjubkan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)