Daftar Isi Bocoran Dokumen WikiLeaks yang Sempat Menggemparkan Dunia

Senin, 17 April 2023 - 16:15 WIB
loading...
A A A
Pada Juni 2015 WikiLeaks merilis dokumen rahasia yang disinyalir berasal dari diplomat Arab Saudi. Di sana diketahui fakta bahwa Iran mengirim peralatan nuklir ke Sudan pada tahun 2012.

Kontainer asal Iran tiba di Sudan dan membawa peralatan teknis sensitif dalam bentuk sentrifugal guna memperkaya uranium. Sementara itu, pengiriman keduanya akan tiba di bulan Juni 2015.

Bocoran informasi tersebut terkuak setelah 60 ribu file rahasia, yang disebut berasal dari Kedubes (Kedutaan Besar) Arab Saudi di banyak negara, dirilis oleh Wikileaks pada pekan sebelumnya.

Dokumen lain yang juga dibocorkan WikiLeaks bergulir pada Oktober 2015. Kali ini, CIA atau intelijen AS yang menjadi sasarannya.

Dokumen rahasia itu diklaim berasal dari akun surel (surat elektronik/email) Direktur CIA John Brennan. Di dalamnya terdapat fakta mengenai kejelekan CIA dan kebijakan AS terhadap negara-negara lain.

WikiLeaks menyebut “aib” kerja CIA di Afghanistan dan beragam aksi penyiksaan agennya kepada para tahanan. Seorang pelajar SMA dikabarkan sebagai pihak yang berada di balik kebocoran itu. Ia berhasil membajak surel pribadi Brennan dan menguras informasinya.

Masih di tahun yang sama, masyarakat dunia dikagetkan dengan bocornya 170 ribu surel dan sekitar 20 ribu dokumen dari Sony Pictures, yang dipublikasikan WikiLeaks.

Perusahaan raksasa di bidang hiburan dan film itu diretas usai merilis film The Interview, yang terkesan memojokkan Korea Utara.

Dalam dokumen itu, disebutkan bahwa beberapa pemerannya seperti Amy Adams dan Jennifer Lawrence menerima bayaran yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan aktor pria.

Kembali mundur pada tahun 2010, WikiLeaks merilis sebuah video yang menunjukkan adanya pembunuhan warga sipil di Baghdad, Irak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)