Daftar Isi Bocoran Dokumen WikiLeaks yang Sempat Menggemparkan Dunia

Senin, 17 April 2023 - 16:15 WIB
loading...
Daftar Isi Bocoran Dokumen WikiLeaks yang Sempat Menggemparkan Dunia
Pendiri WikiLeaks Julian Assange. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Belakangan ini, publik internasional tengah digemparkan dengan bocornya dokumen rahasia milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) yang lebih dikenal dengan dokumen Pentagon.

Dalam dokumen itu, terungkap berbagai fakta mengejutkan dan sangat serius, terutama menyoal perang Rusia dan Ukraina yang sudah terjadi lebih dari setahun.

Beberapa negara seperti Ukraina, Rusia, China, Iran, Korea Selatan, dan Mesir turut dibicarakan dalam dokumen yang bocor itu.

Menyusul bocornya dokumen Pentagon, pemerintah menyatakan bahwa keamanan nasional AS sudah pasti akan terancam. Pihak Departemen Kehakiman langsung menggelar investigasi dan mengusut kasus kebocoran ini.



Selain itu, terlibat pula pejabat dari Gedung Putih dan Pentagon dalam pengusutan tersebut. Kementerian Luar Negeri China juga menuntut penjelasan AS atas apa yang sudah terjadi.

China menuding adanya keterlibatan mendalam AS dalam krisis di Ukraina.

Fenomena kebocoran dokumen Pentagon itu mengingatkan publik dengan kasus serupa tahun 2015, ketika dokumen WikiLeaks bocor. WikiLeaks sendiri merupakan laman internet yang mempublikasikan rahasia AS.

Melansir DW, mulai tahun 2006 terdapat laman internet yang berfungsi mengumpulkan berbagai materi informasi rahasia.

Pengkategorian dokumen rahasia itu dilakukan langsung oleh pemerintah, perusahaan, dan pihak lain yang melakukan publikasi. Laman tersebutlah yang kemudian dikenal dengan WikiLeaks.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)