Hadapi Gelombang Migran, Italia Berlakukan Keadaan Darurat

Kamis, 13 April 2023 - 05:39 WIB
loading...
Hadapi Gelombang Migran, Italia Berlakukan Keadaan Darurat
Hadapi gelombang migran, Italia berlakukan keadaan darurat. Foto/Ilustrasi
A A A
ROMA - Italia mengumumkan keadaan darurat selama enam bulan sebagai tanggapan atas peningkatan jumlah migran yang melintasi Mediterania dari Afrika Utara.

Keputusan itu membebaskan dana 5 juta Euro atau sekitar Rp81,5 miliar dan bertepatan dengan kedatangan 3.000 migran dalam tiga hari.

Sejumlah kapal telah mendarat di pulau Lampedusa Italia dan penjaga pantai telah menyelamatkan sekitar 2.000 orang sejak Jumat.

Kedatangan migran ke Italia telah meningkat tajam dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, meskipun ada upaya dari pemerintah koalisi sayap kanan Italia untuk menekan migrasi ilegal. Sebuah perahu nelayan yang membawa 700 migran yang diselamatkan dijadwalkan tiba di pelabuhan di Sisilia pada Rabu sore.

Menteri Perlindungan Laut dan Sipil Italia Nello Musumeci berbicara tentang peningkatan 300% arus migran dan mengatakan itu adalah "darurat absolut" yang telah membahayakan infrastruktur Italia.

“Kita berbicara tentang fenomena yang tidak pernah terlihat di masa lalu. Pulau-pulau itu sendiri tidak dapat menangani keadaan darurat ini,” katanya seperti dikutip dari BBC, Kamis (13/4/2023).

Meski begitu, ia menegaskan keadaan darurat tidak akan menyelesaikan masalah. Itu membutuhkan intervensi yang bertanggung jawab oleh Uni Eropa.

Selain dana tambahan, tidak jelas bagaimana tindakan Italia akan mengatasi peningkatan jumlah di Mediterania, tetapi laporan mengatakan para pejabat akan dapat mempercepat prosedur penerimaan dan pemulangan mereka yang tidak diizinkan tinggal di Italia.



Penjaga pantai Italia telah mengawal dua kapal di Laut Ionia di lepas pantai Sisilia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)