Turki Kecam Aksi Brutal Polisi Israel Serbu Masjid Al-Aqsa

Rabu, 05 April 2023 - 20:42 WIB
loading...
A A A
Menteri Pertahanan Nasional Turki Hulusi Akar juga "mengutuk keras" serangan Israel saat berbicara di acara di ibu kota, Ankara.

"Saya mengutuk keras tindakan Israel terhadap orang-orang yang tidak memiliki (niat) di hati dan pikiran mereka selain mengekspresikan dan mengamalkan iman dan ibadah mereka," ujar dia.

Pejabat tinggi Turki lainnya, Ketua Parlemen, Mustafa Sentop, mengecam Israel melanjutkan "penganiayaan tanpa henti" terhadap warga Palestina selama bulan suci Ramadan.

"Saya mengutuk kekejaman yang dilakukan terhadap saudara dan saudari Palestina kami oleh pasukan keamanan Israel, (yang) mengabaikan spiritualitas dan kesucian Masjid Al-Aqsa," papar Sentop.

Dia membuat seruan universal untuk "mengutuk kekejaman yang tidak manusiawi ini dan untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mendukung mereka" sebagai tugas kemanusiaan dan moral.

Polisi Israel, Rabu, mengatakan mereka menahan 350 warga Palestina dari kompleks tersebut. Saksi mengatakan polisi menggunakan kekuatan berlebihan, termasuk gas air mata.

Pasukan Israel dan pemukim Yahudi sering melakukan penggerebekan di masjid.

Bagi umat Islam, Al-Aqsa mewakili situs tersuci ketiga Islam, sedangkan orang Yahudi menyebut daerah itu Temple Mount.

Israel menduduki Yerusalem Timur selama Perang Arab-Israel 1967. Zionis menganeksasi seluruh kota pada tahun 1980, langkah yang tidak pernah diakui komunitas internasional.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)