Turki Kecam Aksi Brutal Polisi Israel Serbu Masjid Al-Aqsa

Rabu, 05 April 2023 - 20:42 WIB
loading...
Turki Kecam Aksi Brutal Polisi Israel Serbu Masjid Al-Aqsa
Warga Palestina melakukan salat subuh di Gerbang Al-Asbat ketika polisi Israel kembali menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur pada 5 April 2023. Foto/Mostafa Alkharouf/Anadolu Agency
A A A
ANKARA - Turki pada Rabu (5/4/2023), mengecam penggerebekan polisi Israel di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur dan penangkapan terhadap warga Palestina.

Menurut laporan Kantor Berita Anadolu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Turki mengutuk keras serangan subuh di kompleks masjid, dengan mengatakan menyerang jemaah selama bulan suci Ramadan tidak dapat diterima.

Kemlu Turki meminta pemerintah Israel segera menghentikan semua provokasi dan serangan yang dapat semakin meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Di Twitter, Ibu Negara Turki, Emine Erdogan, mengutuk "serangan keji" di Al-Aqsa. Dia menambahkan, "Tugas hati nurani untuk menjadi suara saudara dan saudari Palestina kita yang berjuang untuk melindungi warisan kita bersama Masjid Al-Aqsa."



Mengatakan bahwa "serangan tidak adil" oleh pasukan Israel selama bulan Ramadan telah "menghancurkan hati kita", Emine Erdogan menyeru agar "penganiayaan terhadap orang-orang tak berdosa, termasuk wanita, anak-anak dan orang tua, diakhiri sesegera mungkin dan penindas akan dimintai pertanggungjawaban."

Juru bicara Kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin, juga mengutuk serangan terhadap Al-Aqsa. Dia berjanji terus menentang "segala upaya mengubah status agama dan sejarah Yerusalem dan Masjid Al-Aqsa."

Dia meminta Israel "segera mengakhiri" serangannya dan melindungi kebebasan beribadah di Yerusalem dan mendesak masyarakat internasional segera mengambil tindakan.

“Palestina sedang berduka, tapi tidak pernah sendirian. Kami akan terus mendukung saudara-saudara Palestina kami dengan cara yang sekuat mungkin,” tegas Kalin.

Penganiayaan Tanpa Henti


Direktur Komunikasi, Fahrettin Altun, juga menyuarakan kecaman. "Turki akan melanjutkan upaya melindungi hak-hak saudara Palestina kita dan mendukung mereka di segala bidang," papar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0627 seconds (0.1#10.140)