Finlandia Gabung NATO, Pukulan Telak Buat Vladimir Putin

Rabu, 05 April 2023 - 00:21 WIB
loading...
A A A
“Hari ini, kita lebih bersatu dari sebelumnya. Dan bersama-sama — diperkuat oleh sekutu terbaru kami, Finlandia — kami akan terus menjaga keamanan transatlantik, mempertahankan setiap jengkal wilayah NATO, dan menghadapi setiap dan semua tantangan yang kami hadapi,” katanya.

Langkah tersebut merupakan kemunduran strategis dan politik bagi Putin, yang telah lama mengeluh tentang ekspansi NATO ke Rusia dan sebagian menggunakannya sebagai pembenaran untuk invasi.

“Saya tergoda untuk mengatakan ini mungkin satu hal yang dapat kami ucapkan terima kasih kepada Tuan Putin karena dia sekali lagi di sini memicu sesuatu yang dia klaim ingin dicegah dengan agresi Rusia, menyebabkan banyak negara percaya bahwa mereka harus berbuat lebih banyak untuk menjaga pertahanan mereka sendiri dan untuk memastikan bahwa mereka dapat mencegah kemungkinan agresi Rusia ke depan,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sebelum menerima dokumen resmi keanggotaan Finlandia.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Moskow akan dipaksa untuk mengambil tindakan militer-teknis dan tindakan pembalasan lainnya untuk melawan ancaman terhadap keamanan nasional kita yang timbul dari aksesi Finlandia ke NATO.

Dikatakan langkah Finlandia menandai perubahan mendasar dalam situasi di Eropa Utara, yang sebelumnya menjadi salah satu kawasan paling stabil di dunia.



Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan keanggotaan Finlandia mencerminkan arah aliansi anti-Rusia dan memperingatkan bahwa Moskow akan menanggapi tergantung pada senjata apa yang ditempatkan sekutu NATO di sana.

Namun dia juga berusaha mengecilkan dampaknya, mencatat bahwa Rusia tidak memiliki sengketa teritorial dengan Finlandia.

Tidak jelas sumber daya militer tambahan apa yang dapat dikirim Rusia ke perbatasan Finlandia. Moskow telah mengerahkan sebagian besar unit militernya yang paling mumpuni ke Ukraina.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan tidak ada lagi pasukan yang akan dikirim ke Finlandia kecuali jika meminta bantuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)