AS Bebas Kerahkan 100 Bom Nuklir ke 5 Negara Eropa, Mengapa Putin Diprotes?

Rabu, 29 Maret 2023 - 00:24 WIB
loading...
A A A
Tindakan Amerika ini yang menjadi salah satu alasan Putin memutuskan untuk mengerahkan senjata nuklir taktis Rusia ke Belarusia.

"Kami melakukan apa yang telah mereka lakukan selama beberapa dekade, menempatkan mereka di negara sekutu tertentu, menyiapkan platform peluncuran dan melatih kru mereka. Kami akan melakukan hal yang sama," kata Putin.

“Tidak ada yang aneh,” ujar Putin. “Amerika Serikat telah melakukan ini selama beberapa dekade dengan menyimpan senjata nuklirnya sendiri di Belgia, Jerman, Italia, Belanda, dan Türkiye," paparnya.



Ukraina merespons keputusan Putin itu dengan mendesak Dewan Keamanan (DK) PBB menggelar rapat darurat untuk mengambil sikap.

“Ukraina mengharapkan tindakan efektif untuk menangkal pemerasan nuklir Kremlin dari Inggris, China, Amerika Serikat, dan Prancis. Kami menuntut agar pertemuan luar biasa Dewan Keamanan PBB segera diadakan untuk tujuan ini,” kata Kementerian Luar Negeri Ukraina.

Uni Eropa murka dengan keputusan Putin tersebut. Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengancam akan menjatuhkan sanksi baru kepada Belarusia jika tetap mengizinkan menjadi tuan rumah senjata nuklir Moskow.

Borrell mengatakan keputusan Putin untuk mentransfer senjata nuklir taktis ke negara sekutunya itu sebagai eskalasi yang tidak bertanggung jawab.

“Belarusia menjadi tuan rumah senjata nuklir Rusia berarti eskalasi yang tidak bertanggung jawab dan ancaman terhadap keamanan Eropa,” tulis Borrell di Twitter. "Belarusia masih bisa menghentikannya, itu adalah pilihan mereka,” lanjut dia.

NATO juga mengecam langkah Putin, menyebutnya sebagai retorika berbahaya dan tidak bertanggung jawab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)