Korut Pamer Hulu Ledak Nuklir 'Mini' Hwasan-13, Korsel Jadi Target

Selasa, 28 Maret 2023 - 20:09 WIB
loading...
A A A


Menurut Yang Uk, pakar rudal di Institut Asan yang berbasis di Seoul, Kim tampaknya mengirim pesan ke AS dan Korea Selatan bahwa hulu ledak sudah diproduksi secara massal dalam bentuk modul dan digunakan di setidaknya delapan jenis rudal yang terlihat di gambar yang dirilis.

Yang mengatakan hulu ledak memang tampak cukup kecil untuk muat pada sistem rudal jarak pendek tetapi “kekuatan penghancurnya dan apakah mereka ringan masih belum diketahui.”

Dia mengatakan langkah alami berikutnya dalam pengembangan hulu ledak adalah Korut melakukan uji coba perangkat nuklir hasil rendah pertamanya.

Korut mulai menghidupkan kembali fasilitas uji coba nuklir bawah tanah Punggye-ri awal tahun lalu tetapi belum melakukan uji coba nuklir sejak September 2017.

Sementara itu, dalam sebuah jumpa pers, Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) Lee Seong-joon mengatakan kemampuan Korut untuk menempatkan hulu ledak nuklir yang lebih kecil dalam rudal jarak pendek tidak dapat dianggap berhasil sampai diuji di lingkungan dunia nyata.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)