4 Negara Nordik Sepakat Bersama-sama Operasikan 250 Jet Tempur

Sabtu, 25 Maret 2023 - 07:59 WIB
loading...
4 Negara Nordik Sepakat Bersama-sama Operasikan 250 Jet Tempur
Empat negara Nordik, Swedia-Finlandia-Norwegia-Denmark, sepakat untuk bersama-sama mengoperasikan 250 jet tempur sebagai satu armada. Foto/REUTERS
A A A
COPENHAGEN - Angkatan Udara dari empat negara Nordik menyepakati tujuan mengoperasikan sekitar 250 jet tempur mereka sebagai satu armada.

Komandan Angkatan Udara Swedia, Finlandia, Norwegia, dan Denmark menandatangani deklarasi pada 16 Maret terkait kerja sama yang lebih dalam.

Kesepakatan itu telah dikonfirmasi dalam pernyataan yang dikeluarkan masing-masing oleh Finlandia dan Denmark pada Kamis dan Jumat.



“Tujuan utamanya adalah untuk dapat beroperasi bersama secara mulus sebagai satu kekuatan dengan mengembangkan konsep Nordik untuk operasi udara bersama berdasarkan metodologi NATO yang sudah dikenal,” kata Angkatan Udara Denmark, seperti dikutip Bloomberg, Sabtu (25/3/2023).

Kerja sama tersebut akan mencakup komando dan kontrol terpadu, perencanaan dan pelaksanaan operasional, pengerahan pasukan yang fleksibel, pengawasan dan pelatihan wilayah udara bersama.

Norwegia dan Denmark sudah menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), dan Finlandia berharap segera bergabung dalam beberapa minggu ke depan setelah mengajukan pendaftaran ke aliansi militer pimpinan Amerika Serikat tersebut pada Mei tahun lalu bersama dengan Swedia.

Swedia menghadapi penundaan karena ada penentangan dari Turki dan Hongaria, yang pada akhirnya diharapkan akan diterima sebagai anggota baru NATO.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)