Bentengi Moskow dari Serangan Nuklir, Rusia Tingkatkan Sistem Pertahanan Rudal

Kamis, 23 Maret 2023 - 22:50 WIB
loading...
Bentengi Moskow dari Serangan Nuklir, Rusia Tingkatkan Sistem Pertahanan Rudal
Bagian dari sistem Razvyazka. Rusia meningkatkan sistem pertahanan rudalnya untuk membentengi Moskow dari serangan nuklir. Foto/RT
A A A
MOSKOW - Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu melaporkan militer negara itu akan menyelesaikan perombakan sistem pertahanan udara dan rudal Moskow tahun ini. Ibu Kota Rusia dibentengi dari kemungkinan serangan nuklir selama era Soviet.

Shoigu merinci bahwa peningkatan tersebut akan melibatkan perubahan komposisi pasukan yang bertugas melindungi kota, termasuk pembentukan resimen baru yang dipersenjatai dengan sistem rudal jarak menengah S-350 Vityaz.

Menteri Pertahanan Rusia itu menambahkan bahwa sistem ‘Razvyazka’ akan digunakan, mengacu pada program modernisasi stasiun radar darat selama satu dekade di Wilayah Moskow, yang berfungsi sebagai elemen arsitektur kontrol ruang angkasa militer Rusia seperti dikutip dari RT, Kamis (23/3/2023).



Fasilitas yang ditingkatkan memiliki antena pemancar berukuran 15 kali 100 meter dan antena penerima berukuran 50 kali 100 meter yang terletak terpisah beberapa kilometer. Ini mengkhususkan diri dalam pelacakan pesawat ruang angkasa kecil, seperti satelit CubeSat, dan dirancang oleh anak perusahaan dari produsen pertahanan Almaz-Antey. Pakar militer percaya bahwa itu juga memberikan informasi penargetan untuk sistem rudal anti-satelit dan anti-balistik canggih Rusia.

Kepemimpinan Soviet memilih Moskow sebagai lokasi yang akan dipertahankannya dari kemungkinan serangan nuklir ketika menandatangani Perjanjian Anti-Balistik Rudal (ABM) dengan Amerika Serikat (AS) pada tahun 1972. Dokumen tersebut melarang kedua negara untuk menggunakan sistem ABM, memandang mereka sebagai merendahkan AS dan pencegahan nuklir Soviet, tetapi mengizinkan satu pengecualian untuk masing-masing pihak.

Presiden AS George W Bush menarik diri dari perjanjian pada tahun 2002. Saat itu, Bush mengklaim bahwa negaranya membutuhkan sistem ABM nasional untuk bertahan melawan Iran dan Korea Utara, yang dicap Washington sebagai "negara nakal".



Moskow menggambarkan langkah itu sebagai langkah pertama dalam kebijakan panjang Washington untuk membongkar keseimbangan militer strategis, yang membahayakan kepentingan keamanan nasional Rusia dalam proses tersebut.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)