Presenter Cantik Televisi Rusia Ini Ternyata Bukan Manusia

Kamis, 23 Maret 2023 - 03:50 WIB
loading...
Presenter Cantik Televisi Rusia Ini Ternyata Bukan Manusia
Stasiun televisi lokal Rusia menampilkan presenter digital dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence). Foto/RT
A A A
MOSKOW - Sebuah saluran televisi lokal di wilayah Stavropol selatan Rusia meluncurkan presenter cuaca buatan, yang telah dibuat dengan bantuan beberapa jaringan saraf.

Svoye TV menayangkan perdana program barunya, yang dijuluki 'Prakiraan Masa Depan', pada hari Selasa. Saluran televisi itu mengatakan program tersebut dikendalikan oleh jaringan saraf, dengan satu bertanggung jawab untuk presenter virtual, yang lain untuk menyiapkan teks, dan yang ketiga untuk menghasilkan konten grafis.

Program ini akan mengudara lima kali sehari dan dipandu oleh presenter AI bernama Snezhana Tumanova yang berasal dari permainan kata tentang 'salju' dan 'kabut' dalam bahasa Rusia.



“Dia ambisius dan berusaha untuk sepenuhnya menggantikan pesaing manusia. Pada saat yang sama, manajemen saluran TV tidak bermaksud untuk meninggalkan ramalan versi klasik dengan orang yang masih hidup,” kata saluran televisi itu seperti dikutip dari RT, Kamis (23/3/2023).

Presenter TV buatan telah digunakan selama beberapa tahun, dengan China meluncurkan 'Anchor AI Inggris' di Kantor Berita Xinhua yang dikelola pemerintah pada tahun 2018. Beberapa outlet telah mengikutinya.

Minggu lalu, surat kabar terkemuka China, People's Daily, meluncurkan presenter AI bernama 'Ren Xiaorong' yang akan menyiarkan berita selama 24 jam sehari.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)