Putin Serukan Peta Jalan Perdamaian China untuk Ukraina

Rabu, 22 Maret 2023 - 06:52 WIB
loading...
Putin Serukan Peta Jalan Perdamaian China untuk Ukraina
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Moskow. Foto/tass
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin memuji peta jalan perdamaian 12 poin Beijing untuk Ukraina, selama pertemuan puncak dengan Presiden China Xi Jinping.

Pemimpin China melakukan kunjungan tiga hari ke Moskow, dan pembicaraan resmi pada Selasa (22/3/2023) berlangsung di Kremlin.

“Kami percaya bahwa banyak dari ketentuan rencana perdamaian yang diajukan oleh China selaras dengan sikap Rusia dan dapat diambil sebagai dasar penyelesaian damai ketika mereka siap untuk itu di Barat dan di Kiev. Namun, sejauh ini kami belum melihat kesiapan seperti itu di pihak mereka,” ujar Putin.

Presiden China mengatakan Beijing terus berpegang teguh pada prinsip-prinsip PBB atas konflik antara Moskow dan Kiev, mempertahankan posisi yang seimbang.



Xi juga mengulangi seruannya pada semua pihak untuk menahan diri dan kembali ke negosiasi untuk mencari solusi diplomatik untuk permusuhan.

“Kami selalu untuk perdamaian dan dialog, dan kami dengan tegas berdiri di sisi kanan sejarah,” tambah Xi.

Kedua pemimpin bertemu secara tertutup terlebih dahulu, dengan sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Wakil Ketua Dewan Keamanan Dmitry Medvedev dan Menteri Pertahanan Sergey Shoigu, mengambil bagian dalam negosiasi di pihak Rusia.

Pertemuan tersebut diikuti dengan putaran pembicaraan lainnya dengan delegasi yang diperluas, melibatkan lebih banyak menteri pemerintah dan kepala perusahaan negara Rusia.

Kedua pemimpin menyambut baik hubungan yang berkembang antara kedua negara, dengan presiden Rusia menyatakan mereka telah mencapai "level tertinggi yang pernah ada".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)