Baru Terungkap, Ternyata Ukraina Takut Mengkritik China, Ini Alasannya

Selasa, 21 Maret 2023 - 20:29 WIB
loading...
Baru Terungkap, Ternyata Ukraina Takut Mengkritik China, Ini Alasannya
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Politico mengklaim Ukraina menahan diri untuk tidak mengkritik China atas hubungan dekatnya dengan Rusia dengan harapan dapat menarik investasi masa depan dari Beijing.

“Sikap ini sangat kontras dengan omelan-omelan marah yang gencar diarahkan Kiev pada berbagai pihak seperti Hungaria dan Jerman karena dianggap kurang semangat untuk anti-Rusia,” papar laporan Politico.

Dalam artikel pada Selasa (21/3/2023), Politico melaporkan, selain keinginan untuk investasi China, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sedang berusaha mempertahankan hubungan perdagangan yang menguntungkan dengan kekuatan ekonomi Asia, dan mengincar Beijing sebagai mediator potensial dalam konflik dengan Rusia.

Outlet media itu mengutip Aleksandr Merezhko, kepala komite kebijakan luar negeri parlemen Ukraina yang menjelaskan, “Ada ketakutan jika kami mengkritik China lebih keras, Beijing akan menggunakannya sebagai alasan untuk memperkuat bantuannya ke Rusia, dan bahkan mulai memberikan bantuan militer.”



Beijing secara konsisten menolak klaim bahwa pihaknya bermaksud menawarkan bantuan mematikan ke Moskow.

China menuduh Washington "menyebarkan informasi palsu" dengan menuduh Beijing menimbang pengiriman senjata ke Rusia.

Bulan lalu, China mengajukan proposal perdamaiannya sendiri pada peringatan pertama konflik di Ukraina.



Politico mencatat Zelensky bereaksi terhadap rencana 12 poin Beijing dengan mengatakan negaranya “dapat mengusahakannya dengan China.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)