3 Ratu Rusia Terhebat Sepanjang Sejarah dan Punya Peran Besar dalam Pembangunan Negara

Selasa, 21 Maret 2023 - 15:32 WIB
loading...
3 Ratu Rusia Terhebat Sepanjang Sejarah dan Punya Peran Besar dalam Pembangunan Negara
Potret Permaisuri Rusia Catherine II ini dilukis pada tahun 1763 oleh Fyodor Rokotov. Foto/Public domain
A A A
MOSKOW - Jauh sebelum Rusia menjadi negara demokrasi federal, negara ini sempat mengalami masa kekaisaran yang menganut sistem pemerintahan monarki.

Dilansir dari Britannica, Kekaisaran Rusia, merupakan kekaisaran bersejarah yang didirikan pada tahun 1721 dan berakhir pada 15 Maret 1917.

Sepanjang periode itu juga, di Rusia mulai muncul beberapa tokoh ratu yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan negara.

Ketika peran laki-laki sangat mendominasi saat itu, para permaisuri ini berhasil meraih hati para bangsawan sehingga dapat menguasai tahta sepenuhnya.

Berikut 3 Ratu Rusia Terhebat Sepanjang Sejarah:

1. Sophia Alekseevna

Sophia merupakan satu satunya anak perempuan dari Tsar Alexey Mikhailovich. Wanita ini dikenal pintar dan menguasai beberapa bahasa.

3 Ratu Rusia Terhebat Sepanjang Sejarah dan Punya Peran Besar dalam Pembangunan Negara


Kecerdasannya ini juga membuatnya sukses dalam permainan singgasana di Rusia pada abad ke 17.

Setelah sang raja meninggal pada 1676, disusul dengan kematian kakak laki-laki Sophia, Fyodor Mikhailovich, kedua adik laki-laki tiri Sophia Ivan dan Peter mulai berebut kekuasaan.

Namun karena Ivan yang sempat jatuh sakit, dan Peter yang belum cukup umur, membuat Sophia mengambil alih kekuasaan.

Menurut Russia Beyond, Selama menjalankan pemerintahannya, Sophia telah menyelesaikan perang dengan Polandia, melakukan negosiasi resmi pertama dengan China di mana dia mendirikan perbatasan, dan bergabung dengan Liga Suci melawan Turki.

Setelah beberapa tahun berkuasa, Sophia akhirnya turun tahta usai adiknya Peter berusia 17 tahun dan berhasil melakukan kudeta terhadap saudarinya sendiri.

2. Elizabeth dari Rusia

Putri dari Tsar Peter ini rencananya akan dinikahkan dengan Raja Louis XV dari Prancis. Namun kala itu Elizabeth bukanlah orang yang haus akan kekuasaan dan menolaknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)