Presiden Korsel Temui PM Jepang, Korut Tembakkan Rudal Antarbenua

Kamis, 16 Maret 2023 - 12:31 WIB
loading...
Presiden Korsel Temui PM Jepang, Korut Tembakkan Rudal Antarbenua
Korea Utara tembakkan rudal balistik antarbenua menjelang pertemuan pemimpin Korea Selatan dan Jepang di Tokyo, Kamis (16/3/2023). Foto/REUTERS/Kim Hong-ji
A A A
SEOUL - Militer Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) ke perairan timurnya, Kamis (16/3/2023).

Manuver misil ini hanya beberapa jam sebelum Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk-yeol dijadwalkan bertemu Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Tokyo untuk membahas masalah Korut yang bersenjata nuklir.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan Pyongyang telah menembakkan ICBM yang tampaknya dilarang pengujiannya oleh Dewan Keamanan PBB.

Militer Korea Selatan, dalam sebuah pernyataan, mengatakan misil antarbenua itu terbang menuju perairan timur Semenanjung Korea setelah diluncurkan dari Ibu Kota Korea Utara, Pyongyang, sekitar pukul 07.10 pagi.



ICBM tersebut diluncurkan pada sudut yang curam dan terbang sekitar 1.000 kilometer (620 mil) sebelum mendarat di perairan antara Semenanjung Korea dan Jepang.

Jepang juga mendeteksi rudal tersebut dan Coast Guard-nya mengeluarkan peringatan kepada kapal-kapal di sekitar untuk waspada terhadap benda-benda yang jatuh.

Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada mengatakan rudal itu mungkin mendarat di perairan di luar zona ekonomi eksklusif Jepang setelah sekitar satu jam di udara.

Lokasi pendaratan sekitar 250 kilometer (155 mil) dari pulau barat Oshimaoshima, yang dekat dengan tempat ICBM Korea Utara lainnya jatuh setelah penerbangan uji coba sebelumnya.

Manuver misil hari ini adalah yang pertama dari ICBM Korea Utara dalam sebulan, tetapi itu mengikuti serangkaian uji tembak rudal minggu ini di tengah latihan militer skala besar yang sedang berlangsung antara Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS), yang dianggap Pyongyang bermusuhan dan latihan untuk invasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)