Apa Itu MQ-9 Reaper AS, Drone Rp494 Miliar yang Dijatuhkan Jet Tempur Rusia?

Kamis, 16 Maret 2023 - 09:22 WIB
loading...
Apa Itu MQ-9 Reaper AS, Drone Rp494 Miliar yang Dijatuhkan Jet Tempur Rusia?
Drone MQ-9 Reaper Angkatan Udara Amerika Serikat. Militer AS tuduh jet tempur Su-27 Rusia telah jatuhkan drone MQ-9 Reaper ke Laut Hitam. Foto/REUTERS/Janis Laizans
A A A
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan drone mata-mata MQ-9 Reaper miliknya telah ditabrak dan dijatuhkan jet tempur Su-27 Rusia di atas Laut Hitam.

Rusia membantah jet tempurnya menjatuhkan drone Reaper Amerika, menegaskan bahwa drone itu jatuh sendiri ke Laut Hitam karena bermanuver tajam.

Seperti apa drone mata-mata canggih itu sehingga menimbulkan kekhawatiran akan eskalasi konflik Ukraina?

Menurut laporan Fox News, drone MQ-9 Reaper Amerika harganya mencapai USD32 juta atau lebih dari Rp494 miliar per unitnya.



Konfrontasi jarak dekat antara pesawat Barat dan Rusia bukanlah hal yang aneh, tetapi insiden pada Selasa pagi lalu menimbulkan pertaruhan karena menyebabkan pejabat AS harus merelakan pesawat tak berawak itu jatuh ke laut.

Penggunaan drone atau kendaraan udara tak berawak (UAV) di dalam dan sekitar zona perang telah berlangsung selama beberapa dekade. Inilah informasi yang dirangkum Sindonews.com tentang drone MQ-9 Reaper dan bagaimana itu digunakan secara militer.

Apa Itu MQ-9 Reaper?


MQ-9 Reaper adalah pesawat tak berawak besar yang diproduksi oleh kontraktor militer General Atomics.

Ini dioperasikan dari jarak jauh oleh tim dua orang, yang terdiri dari pilot dan anggota awak pesawat yang mengoperasikan sensor dan memandu senjata.

Pesawat ini memiliki panjang 11 meter dengan lebar sayap lebih dari 22 meter. Angkatan Udara AS mengatakan penggunaan utamanya adalah sebagai "aset pengumpulan intelijen". Namun, drone ini juga memiliki kemampuan unik, yakni dapat melakukan serangan presisi terhadap target bernilai tinggi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)