Kapal Selam Kelas Yasen Milik Rusia Bisa Kalahkan Kelas Virginia yang Dibeli Australia

Rabu, 15 Maret 2023 - 08:40 WIB
loading...
A A A
Menurut spesifikasi senjata, yang pertama kali diungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 20 Februari 2019, rudal hipersonik ini mampu berakselerasi hingga Mach 9 (10.734 km/jam atau 6.905 mph).

Jarak tembak maksimum senjata dilaporkan bisa melebihi 1.000 kilometer. Pada 6 Oktober 2020 Rusia berhasil meluncurkan Zircon dari fregat Admiral Gorshkov di Laut Putih, di utara Rusia.

Pada awal Oktober 2021, kapal selam kelas Yasen Rusia Severodvinsk berhasil melakukan uji tembak rudal hipersonik dari kedalaman 40 meter untuk pertama kalinya pada sasaran tiruan di Laut Barents.

Rusia Mengisi Kesenjangan dalam Kapal Selam Multiguna

Kabarnya, AS telah melampaui Rusia dalam hal jumlah kapal selam bertenaga nuklir multiguna, menurut Dandykin.

Secara keseluruhan, Angkatan Laut Rusia memimpin salah satu armada kapal selam terbesar di dunia dengan perkiraan 58 kapal.

Namun, ketika datang ke kapal selam kelas Yasen, Rusia hanya memiliki tiga di antaranya yang beroperasi dengan satu lagi menjalani uji coba laut dan banyak lainnya yang belum dibangun.

Untuk bagiannya, AS sudah memiliki 22 kapal selam kelas Virginia, yang mulai ditugaskan pada pertengahan tahun 2000-an, dan tiga kapal kelas Seawolf.

“Kami berada di posisi kedua dalam hal kuantitas (kapal selam serangan bertenaga nuklir),” kata pakar militer Rusia tersebut. "Dan sebenarnya, kita sekarang sedang mengisi celah di kapal serbaguna."

Dia menjelaskan, “Ketika sampai pada mano potensial, mano antara kapal kelas Yasen dan pesaing Amerika-nya adalah hasilnya terutama akan bergantung pada keterampilan awak dan komandan kapal.”

"Kapal selam kami lebih otomatis, kami memiliki awak yang lebih sedikit," ujar Dandykin.

Dia menekankan, "Sebagai aturan, mereka memiliki kru yang lebih besar, mereka selalu melakukannya, tidak bergantung pada peralatan, dan sebagainya. Menurut saya, pada prinsipnya, mereka adalah pesaing yang setara dalam banyak hal. Tapi tetap saja, dengan mempertimbangkan semua perkembangan, Yasen kami lebih kuat."

Wilayah Arktik dan Asia Pasifik

Dengan Rusia dan AS, dua kekuatan bersenjata nuklir utama, persaingan geopolitik di antara mereka tampaknya semakin cepat di tengah keterlibatan NATO dalam konflik Rusia-Ukraina dan ancaman Washington mengincar kekalahan strategis Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)