Kapal Selam Kelas Yasen Milik Rusia Bisa Kalahkan Kelas Virginia yang Dibeli Australia

Rabu, 15 Maret 2023 - 08:40 WIB
loading...
A A A
Virginia dan Yasen adalah kapal selam serang serbaguna generasi keempat, tetapi salah satunya memiliki keunggulan vital di bidang utama.

Kelas Yasen vs Kelas Virginia

Kapal selam kelas Yasen dan kelas Virginia masing-masing memiliki panjang 119 meter dan 115 meter, dan beroperasi dengan kecepatan yang hampir sama.

Namun, dari segi bobot, yang pertama berbobot 13.800 ton saat terendam sedangkan yang terakhir berbobot 8.000 ton. Dengan demikian, kapal kelas Yasen bisa menyelam lebih dalam.

Kapal selam kelas Virginia mulai ditugaskan pada pertengahan tahun 2000-an, sedangkan Yasen ditugaskan antara tahun 2014 dan 2021.

Kapal selam rudal bertenaga nuklir Project 885M kelas Yasen (SSGN) Novosibirsk bergabung dengan Armada Pasifik Angkatan Laut Rusia pada bulan September 2022.

Yang membedakan kedua kapal selam itu adalah persenjataan mereka, menurut Dandykin.

Kapal selam kelas Yasen membawa rudal jelajah anti-kapal Oniks (jangkauan operasional antara 600 dan 800 km) atau rudal multiguna Kalibr.

Kapal kelas Virginia hanya dipersenjatai dengan torpedo Mk 48 inferior, rudal anti-kapal Harpoon, dan rudal serangan darat Tomahawk.

“Yang paling penting, Yasen-M kami akan dilengkapi tidak hanya dengan rudal Kalibr, yang diketahui semua orang, tetapi juga dengan rudal hipersonik Zircon, yang tidak memiliki analog di dunia sekarang, dan, saya pikir, tidak akan memiliki analog untuk tahun-tahun mendatang. . Ini adalah keuntungan yang paling penting,” ujar pakar militer itu menekankan.

“Jelas, Yasen … dapat bekerja pada kapal selam strategis, target pesisir, dan kapal permukaan, termasuk kelompok kapal induk,” papar dia.

3M22 Zircon Rusia, rudal jelajah hipersonik anti-kapal yang mampu bermanuver, dapat menghancurkan target berbasis laut dan darat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)