Jadi Presiden 3 Periode China, Xi Jinping Pernah Tinggal di Gua Bertahun-tahun

Sabtu, 11 Maret 2023 - 04:39 WIB
loading...
A A A
"Dan dia sangat pintar dengan tidak menonjolkan diri."

Ayah Xi direhabilitasi pada akhir 1970-an setelah kematian Mao, secara besar-besaran meningkatkan status putranya.

Menyusul perceraian dari istri pertamanya, Xi Jinping menikah dengan superstar sopran Peng Liyuan pada tahun 1987, pada saat sang istri jauh lebih dikenal daripada dia.

Meski begitu, potensinya tidak terlihat oleh semua orang, dicontohkan oleh komentar yang dibuat oleh tuan rumahnya dalam perjalanan ke Amerika Serikat pada tahun 1985.

"Tidak ada orang waras yang akan berpikir bahwa pria yang tinggal di rumah saya akan menjadi presiden," kata Eleanor Dvorchak seperti dikutip beberapa tahun kemudian di majalah New Yorker.

Cai Xia, mantan kader PKC berpangkat tinggi yang sekarang tinggal di pengasingan di Amerika Serikat, percaya Xi "menderita rasa rendah diri, mengetahui bahwa dia berpendidikan rendah dibandingkan dengan pemimpin puncak PKC lainnya.

"Akibatnya, dia berkulit tipis, keras kepala, dan diktator," tulisnya tahun lalu di Foreign Affairs.

Xi Jinping Pewaris Revolusi


"Tapi Xi Jinping selalu menganggap dirinya sebagai pewaris revolusi," kata Chan.

Pada 2007, dia diangkat ke Komite Tetap Politbiro, badan pembuat keputusan tertinggi PKC.

Ketika dia menggantikan Hu Jintao lima tahun kemudian, hanya ada sedikit catatan administratif Xi di masa lalu yang menggambarkan tindakannya setelah dilantik sebagai pemimpin.

Dia telah menindak gerakan masyarakat sipil, media independen dan kebebasan akademik, mengawasi dugaan pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Xinjiang barat laut, dan mempromosikan kebijakan luar negeri yang jauh lebih agresif daripada pendahulunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)