Jadi Presiden 3 Periode China, Xi Jinping Pernah Tinggal di Gua Bertahun-tahun

Sabtu, 11 Maret 2023 - 04:39 WIB
loading...
Jadi Presiden 3 Periode China, Xi Jinping Pernah Tinggal di Gua Bertahun-tahun
Xi Jinping terpilih lagi sebagai presiden China untuk periode ketiga. Dia pernah tinggal di rumah gua selama bertahun-tahun saat masih remaja. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Ketika Xi Jinping mengambil alih kekuasaan pada tahun 2012, beberapa pengamat memperkirakan dia akan menjadi pemimpin Partai Komunis paling liberal dalam sejarah China . Prediksi itu berdasarkan profilnya yang rendah hati, latar belakang keluarga, dan mungkin tingkat harapan yang salah arah.

Lebih dari 10 tahun kemudian, ramalan itu berantakan, membuktikan betapa sedikit yang dipahami tentang pria yang sekarang menjadi penguasa paling kuat di China sejak Mao Zedong setelah menjabat sebagai presiden untuk ketiga kalinya pada hari Jumat (10/3/2023).

Xi telah menunjukkan dirinya kejam dalam ambisinya, tidak toleran terhadap perbedaan pendapat, dengan keinginan untuk mengontrol yang telah menyusup ke hampir setiap aspek kehidupan di China modern.



Dia telah berubah dari yang terutama dikenal sebagai suami penyanyi selebritas menjadi seseorang yang kharismatik dan bakatnya dalam bercerita politik telah menciptakan kultus kepribadian yang tidak terlihat sejak zaman Mao.

Detail penuh warna dari kehidupan awalnya telah dibilas dan dikemas ulang dalam pengetahuan partai resmi, tetapi pria itu sendiri—dan apa yang mendorongnya—tetap menjadi teka-teki.

"Saya menyangkal pandangan konvensional bahwa Xi Jinping berjuang demi kekuasaan," kata Alfred L Chan, penulis buku tentang kehidupan Xi, kepada AFP.

"Saya akan bersugesti dia memperjuangkan kekuasaan sebagai instrumen...untuk memenuhi visinya."

Penulis biografi lain, Adrian Geiges, mengatakan kepada AFP bahwa menurutnya Xi tidak termotivasi oleh keinginan untuk memperkaya diri sendiri, meskipun penyelidikan media internasional mengungkapkan kekayaan keluarganya yang terkumpul.

"Itu bukan minatnya," kata Geiges.

"Dia benar-benar memiliki visi tentang China, dia ingin melihat China sebagai negara paling kuat di dunia."

Inti dari visi itu—yang disebut Xi sebagai "Impian China" atau "Peremajaan Besar Bangsa China"—adalah peran Partai Komunis China (PKC).

"Xi adalah orang memiliki kepercayaan...baginya, Tuhan adalah Partai Komunis," tulis Kerry Brown, penulis buku "Xi: A Study in Power".

"Kesalahan terbesar yang dibuat dunia tentang Xi adalah tidak menganggap serius kepercayaan ini."

Xi Jinping Trauma


Xi mungkin bukan kandidat yang jelas untuk menjadi seorang fanatik PKC, meskipun dia tumbuh sebagai "pangeran" atau anggota elite partai.

Ayahnya, Xi Zhongxun, adalah seorang pahlawan revolusioner yang berubah menjadi wakil perdana menteri."Yang ketegasannya terhadap anggota keluarganya sangat serius bahkan mereka yang dekat dengannya percaya itu berbatasan dengan tidak manusiawi," kata penulis biografi senior Xi, Joseph Torigian.

Tapi ketika Xi Zhongxun dibersihkan oleh Mao dan menjadi sasaran selama Revolusi Kebudayaan, "(Xi Jinping) dan keluarganya mengalami trauma," kata Chan.

Statusnya lenyap dalam semalam, dan keluarganya terpecah. Salah satu saudara tirinya dilaporkan bunuh diri karena penganiayaan.

Xi mengatakan dia dikucilkan oleh teman-teman sekelasnya, sebuah pengalaman yang menurut ilmuwan politik David Shambaugh berkontribusi pada rasa keterpisahan emosional dan psikologis dan otonominya sejak usia sangat muda.

Pada usia 15 tahun, Xi diperintahkan ke pedesaan di China tengah di mana dia menghabiskan waktu bertahun-tahun mengangkut biji-bijian dan tidur di rumah-rumah gua.

"Intensitas persalinan mengejutkan saya," katanya kemudian.

Dia juga harus mengikuti "sesi perjuangan" di mana dia harus mencela ayahnya.

"Bahkan jika Anda tidak mengerti, Anda dipaksa untuk mengerti," katanya, menggambarkan sesi tersebut kepada seorang reporter Washington Post dengan sedikit kepahitan dalam sebuah wawancara tahun 1992.

"Itu membuat Anda dewasa lebih awal."

Penulis biografi, Chan, mengatakan pengalaman masa muda Xi Jinping telah memberinya "ketangguhan".

"Dia cenderung bangkrut. Dia cenderung menggunakan pendekatan dua kepalan ketika dia mendekati masalah. Tapi dia juga menghargai kesewenang-wenangan kekuasaan dan itulah sebabnya dia juga menekankan pemerintahan berbasis hukum," paparnya.

Xi Jinping Sosok Low Profile


Saat ini, gua tempat Xi Jinping tidur adalah daya tarik wisata domestik, digunakan untuk menekankan ciri-ciri seperti kepeduliannya terhadap orang termiskin di China.

Ketika AFP berkunjung pada tahun 2016, seorang penduduk setempat melukis gambar sosok yang hampir legendaris, membaca buku di sela-sela masa kerja paksa sehingga orang dapat melihat bahwa dia bukan orang biasa.

Itu tampaknya tidak jelas pada saat itu. Xi sendiri mengatakan dia bahkan tidak dinilai "setinggi wanita" saat pertama kali tiba.

Permohonannya untuk menjadi anggota PKC ditolak berkali-kali karena stigma keluarga, sebelum akhirnya diterima.

Dimulai sebagai bos partai desa pada tahun 1974, Xi naik ke jabatan gubernur provinsi pesisir Fujian pada tahun 1999, kemudian menjadi ketua partai provinsi Zhejiang pada tahun 2002 dan akhirnya Shanghai pada tahun 2007.

"Dia bekerja sangat sistematis...untuk mendapatkan pengalaman dengan memulai dari tingkat yang sangat rendah, di desa, lalu di prefektur...dan seterusnya," kata penulis biografi, Geiges.

"Dan dia sangat pintar dengan tidak menonjolkan diri."

Ayah Xi direhabilitasi pada akhir 1970-an setelah kematian Mao, secara besar-besaran meningkatkan status putranya.

Menyusul perceraian dari istri pertamanya, Xi Jinping menikah dengan superstar sopran Peng Liyuan pada tahun 1987, pada saat sang istri jauh lebih dikenal daripada dia.

Meski begitu, potensinya tidak terlihat oleh semua orang, dicontohkan oleh komentar yang dibuat oleh tuan rumahnya dalam perjalanan ke Amerika Serikat pada tahun 1985.

"Tidak ada orang waras yang akan berpikir bahwa pria yang tinggal di rumah saya akan menjadi presiden," kata Eleanor Dvorchak seperti dikutip beberapa tahun kemudian di majalah New Yorker.

Cai Xia, mantan kader PKC berpangkat tinggi yang sekarang tinggal di pengasingan di Amerika Serikat, percaya Xi "menderita rasa rendah diri, mengetahui bahwa dia berpendidikan rendah dibandingkan dengan pemimpin puncak PKC lainnya.

"Akibatnya, dia berkulit tipis, keras kepala, dan diktator," tulisnya tahun lalu di Foreign Affairs.

Xi Jinping Pewaris Revolusi


"Tapi Xi Jinping selalu menganggap dirinya sebagai pewaris revolusi," kata Chan.

Pada 2007, dia diangkat ke Komite Tetap Politbiro, badan pembuat keputusan tertinggi PKC.

Ketika dia menggantikan Hu Jintao lima tahun kemudian, hanya ada sedikit catatan administratif Xi di masa lalu yang menggambarkan tindakannya setelah dilantik sebagai pemimpin.

Dia telah menindak gerakan masyarakat sipil, media independen dan kebebasan akademik, mengawasi dugaan pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Xinjiang barat laut, dan mempromosikan kebijakan luar negeri yang jauh lebih agresif daripada pendahulunya.

Dengan tidak adanya akses ke Xi Jinping atau lingkaran dalamnya, para sarjana dibiarkan mensurvei tulisan dan pidatonya sebelumnya untuk mencari petunjuk tentang motivasinya.

“Misi mutlak dari misi partai untuk menjadikan China negara yang hebat lagi terbukti dari pernyataan paling awal yang tercatat dari Xi,” tulis Brown.

Xi Jinping telah memanfaatkan narasi tentang China yang sedang berkuasa dengan efek yang besar, menggunakan nasionalisme sebagai alat untuk dirinya sendiri dan legitimasi partai di antara penduduk.

Tetapi ada juga bukti yang dia khawatirkan bahwa penguasaan kekuasaan ini akan menurun.

"Jatuhnya Uni Soviet dan sosialisme di Eropa timur merupakan kejutan besar," kata Geiges, seraya menambahkan Xi menyalahkan keruntuhan itu pada keterbukaan politiknya.

"Jadi dia memutuskan bahwa hal seperti ini tidak akan terjadi di China...itu sebabnya dia menginginkan kepemimpinan yang kuat dari Partai Komunis, dengan satu pemimpin yang kuat."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)