Misteri Penerbangan Terbesar Sepanjang Masa, Apa yang Terjadi dengan MH370?

Selasa, 07 Maret 2023 - 09:46 WIB
loading...
Misteri Penerbangan Terbesar Sepanjang Masa, Apa yang Terjadi dengan MH370?
Sudah 9 tahun penerbangan Malaysia Airlines MH370 dengan 239 orang lenyap misterius. Banyak teori telah bermunculan terkait misteri penerbangan terbesar sepanjang masa ini. Foto/REUTERS/Olivia Harris
A A A
KUALA LUMPUR - Penerbangan MH370 milik Malaysia Airlines bersama 239 orang di dalamnya lenyap misterius setelah lepas landas dari Kuala Lumpur pada 8 Maret 2014. Besok (8/3/2023), adalah 9 tahun dari tragedi yang tercatat sebagai misteri penerbangan terbesar sepanjang masa tersebut.

Apa yang sebenarnya terjadi pada penerbangan MH370? Tidak ada jawaban yang pasti selain beragam teori dari para pakar penerbangan.

Misteri dimulai ketika penerbangan mata merah lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Sekitar 42 menit setelah tengah malam pada 8 Maret 2014, Malaysia Airlines penerbangan 370, sebuah jet Boeing 777 yang diberi nama MH370, naik ke malam yang diterangi cahaya bulan dan berbelok ke timur laut, menuju Laut China Selatan.

Fariq Abdul Hamid (27), co-pilot dalam penerbangan tersebut. Sedangkan pilot yang memegang komando, Zaharie Ahmad Shah (53), adalah salah satu pilot paling senior dan dihormati di Malaysia Airlines.



Mereka membawa awak 10 pramugari, semuanya warga Malaysia, dan mengangkut 227 penumpang. Mayoritas penumpang adalah orang China, bersama dengan 38 orang Malaysia dan warga negara Indonesia (WNI), Australia, India, Prancis, AS, Iran, Ukraina, Kanada, Selandia Baru, Belanda, Rusia, dan Taiwan.

Awal Mula Pesawat MH370 Hilang

Sekitar 40 menit pertama penerbangan biasa-biasa saja. Pukul 01.19, MH370 mendekati ujung wilayah udara Malaysia. Kontrol lalu lintas udara Malaysia mengirim radio untuk meneruskan penerbangan ke Ho Chi Minh.

Zaharie menjawab, “Good night. Malaysian three-seven-zero”—dia tidak mengulangi frekuensinya, tetapi bukan hal yang aneh. Itu adalah kabar terakhir yang terdengar dari penerbangan tersebut.

Zaharie tidak pernah menghubungi pengontrol udara Vietnam. Beberapa detik setelah melintasi wilayah udara Vietnam, MH370 menghilang dari radar. Semua upaya selanjutnya untuk menghubunginya tidak berhasil.



Pesawat komersial itu seharusnya dapat dijangkau setiap saat, diketahui dan dilacak, tetapi MH370 telah hilang misterius hingga hari ini.

Apa yang terjadi selanjutnya, seperti yang diceritakan dalam seri Netflix barutentang hilangnya penerbangan itu—yang akan tayang pada 8 Maret 2023—adalah kebingungan yang tertunda, di pihak pengontrol udara Malaysia dan maskapai penerbangan.

Terkejut, saat para pejabat bergegas mencari pesawat dan orang-orang terkasih menunggu di Beijing untuk penerbangan yang tidak kunjung tiba. Obsesi, saat penghilangan itu memukau penonton internasional dan mendorong teori "kursi berlengan" untuk misteri yang tampaknya mustahil.



Kehancuran, seperti yang diderita kerabat terdekat selama berjam-jam, lalu berhari-hari, lalu berminggu-minggu, berbulan-bulan dan bertahun-tahun dalam tanda tanya dan pencarian yang tidak meyakinkan.

Teori Malaysia Airlines MH370 Ditembak, Jatuh, dan Dibajak

Dan spekulasi, ketika para pakar penerbangan, insinyur, ilmuwan data, jurnalis, penghobi, dan lainnya mencoba selama bertahun-tahun untuk mengumpulkan teka-teki bukti yang membingungkan menjadi penjelasan atas hilangnya MH370.

Penjelasan itu tetap sulit dipahami. “Ini misteri penerbangan terbesar sepanjang masa,” kata Louise Malkinson, sutradara dari serial "MH370: The Plane That Disappeared".

“Ini adalah dunia di mana kita memiliki ponsel dan radar dan satelit dan pelacakan, dan hampir sembilan tahun ke depan...dan masih memiliki begitu sedikit hal yang luar biasa.”

Serial Netflix yang terdiri dari tiga bagian ini berupaya menyatukan timeline berdasarkan bukti yang muncul dalam beberapa minggu dan tahun setelah hilangnya.

Radar primer—seperti pada radar konvensional yang mengeluarkan objek di langit—dari Angkatan Udara Malaysia menunjukkan bahwa setelah MH370 masuk ke wilayah udara Vietnam, penerbangan berbelok tajam ke kiri dan kembali, ke arah barat daya, melewati Semenanjung Melayu atau Semenanjung Malaka. Itu membelok di sekitar pulau Penang, terbang ke barat laut melintasi Selat Malaka, dan menuju ke Laut Andaman, di mana ia menghilang dari radar.

Namun MH370 terus terhubung secara berkala, selama enam jam, dengan satelit geostasioner Samudra Hindia yang dioperasikan oleh perusahaan Inmarsat yang berbasis di London.

Menurut Inmarsat, data itu berdasarkan dari tujuh kedip elektronik. Beberapa pakar independen yang muncul dalam serial tersebut mengatakan bahwa MH370 berbelok ke selatan begitu mencapai Laut Andaman, terbang lurus selama berjam-jam hingga kehabisan bahan bakar, dan terjun ke selatan Samudera Hindia, di antara Australia barat daya dan Antartika.

Siapa pun yang menerbangkan pesawat—sebagian besar menunjuk ke Zaharie, yang memiliki keahlian untuk melakukan manuver seperti itu meskipun motifnya tidak diketahui—mungkin menurunkan tekanan kabin sejak dini, membunuh semua orang di dalamnya beberapa jam sebelum MH370 jatuh ke laut.

Itulah narasi “resmi”, setidaknya—yang sebagian besar didukung oleh kumpulan ahli penerbangan dan ilmuwan yang dikenal sebagai Independent Group dan penyelidik Australia, yang memimpin pencarian MH370 yang sia-sia selama bertahun-tahun di bagian terpencil Samudera Hindia.

Itu satu-satunya yang diperdebatkan oleh penulis penerbangan Amerika William Langewiesche dalam laporan tahun 2019 untuk Atlantic, yang menganggap bahwa pemerintah Malaysia, yang penuh dengan korupsi dan tidak dikenal transparan, tahu lebih banyak tentang kehidupan pribadi Zaharie daripada yang dibiarkan. (Laporan resmi kecelakaan Malaysia, dirilis pada Juli 2018, tidak memberikan kesimpulan pasti dan tidak mengesampingkan “campur tangan pihak ketiga yang melanggar hukum”.)

Hal ini juga didukung oleh fakta bahwa puing-puing yang dikaitkan dengan MH370 telah ditemukan di pantai RĂ©union, Madagaskar dan Mozambik.

Episode pertama serial ini, berjudul "The Pilot", menguraikan narasi ini: plot pembunuhan-bunuh diri massal oleh Zaharie, yang simulator penerbangan rumahnya ditemukan telah memetakan jalur aneh yang mirip dengan yang ditunjukkan oleh data radar dan satelit. Tetapi episode berikutnya, yang digambarkan oleh teori, mendengar teori kontradiktif yang menganggap bukti yang dikutip sebelumnya sebagai tidak meyakinkan, disalahtafsirkan, atau dibuat-buat.

Episode kedua, "The Hijack", menghadirkan teori yang diajukan oleh Jeff Wise, jurnalis penerbangan Amerika yang sudah lama terobsesi dengan MH370, bahwa operator Rusia mencuri MH370 melalui teluk elektronik pesawat, dapat diakses melalui lubang di kabin kelas satu, untuk mengalihkan perhatian dari perang Crimea. (Ini akan mengabaikan data satelit, yang menurut Wise telah dirusak sebagai umpan.)

Epiosde ketiga, "The Intercept", menampilkan jurnalis Prancis Florence de Changy, seorang koresponden Asia Tenggara untuk Le Monde yang berspekulasi bahwa pesawat itu ditembak jatuh di atas Laut China Selatan oleh militer AS untuk mencegah kargo misterius mencapai China. (Ini menganggap bahwa penampakan radar dan data satelit oleh Inmarsat, sebuah perusahaan yang bekerja dengan pemerintah, direkayasa sebagai bagian dari penyamaran. Kedua teori menganggap puing-puing yang tersapu salah dikaitkan atau ditanam.)

Teori serupa diajukan oleh Ghyslain Wattrelos, seorang pengusaha Prancis yang istrinya Laurence, putranya; Hadrien berusia 17 tahun, dan putrinya; Ambre berusia 13 tahun hilang di MH370. (Kasus hukum Wattrelos di Prancis saat ini merupakan satu-satunya penyelidikan yang sedang berlangsung atas penerbangan yang hilang.)

Kerabat Penumpang MH370 Sedih

Ini adalah garis tipis antara mengajukan pertanyaan dan konspirasi, dan dua episode terakhir dengan sengaja mengikutinya-–baik Wise maupun De Changy mengakui bahwa teori mereka juga terdengar tidak masuk akal bagi mereka.

Ditanya tentang keputusan untuk melanjutkan ke "lubang kelinci keraguan", membedah atau menolak bukti yang berbeda, Malkinson menunjuk pada pengalaman obsesi, bagi mereka yang kehilangan seseorang di dalam pesawat MH370 dan mereka yang bertekad untuk menemukan jawaban.

"Serial ini bukan hanya tentang apa yang terjadi," katanya. “Ini tentang orang-orang yang telah termakan oleh ini selama sembilan tahun terakhir...Ini tentang apa yang dilakukan misteri seperti ini terhadap orang-orang yang terlibat di dalamnya?”

Memang, serial ini bermain bukan sebagai permainan bukti Tetris tetapi sebagai labirin fakta, dugaan, kekosongan, dan kesedihan yang bergerak lambat.

Perkembangan utama—penampakan radar, data Inmarsat, jatuhnya penerbangan maskapai Malaysia lainnya oleh militer Rusia di atas Ukraina pada Juli 2014, sayap-sayap yang ditemukan di Réunion, terungkapnya simulator penerbangan Zaharie-–muncul dalam urutan kronologis kasar selama perjalanan dari tiga jam.

Perasaannya lebih membingungkan, menyipitkan mata terlalu keras pada peta yang membuatnya masuk akal, daripada konspirasi.

“Ini adalah orang-orang yang telah terlibat dalam cerita sejak awal, dan mereka mempertanyakan apa yang dianggap sebagai narasi resmi,” kata Malkinson.

“Mereka telah banyak menulis tentang itu, mereka telah melakukan banyak penelitian, dan ya, mereka mungkin menggabungkan titik-titik mereka dengan cara yang tidak disetujui orang, tetapi mereka pasti telah meluangkan waktu dan upaya untuk melakukan itu, dan mereka mengajukan pertanyaan yang belum tentu selalu terjawab.”

“Kemungkinan besar pesawat itu berada di Samudera Hindia bagian selatan,” katanya ketika ditanya teori mana yang menurutnya paling kredibel.

“Tapi bagaimana dan mengapa itu berakhir di sana, kami tidak tahu," paparnya.

“Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab, jadi saya tidak tahu apa yang terjadi,” katanya, seperti dikutip Guardian.

“Saya tahu bahwa beberapa teori lebih dibuat-buat daripada yang lain, tetapi saya pikir yang paling penting bagi saya adalah bahwa kerabat terdekat masih belum memiliki semua jawaban, dan sebenarnya misteri ini belum dipecahkan.”

Beberapa orang terkasih dari mereka yang hilang, dari tujuh negara berbeda, bersaksi tentang kepedihan dari misteri dalam serial tersebut, selain kesedihan.

Beberapa beralih ke aksi politik, secara terbuka memprotes tanggapan goyah pemerintah Malaysia. Yang lain mencari petunjuk pada puing-puing yang ditemukan di pantai Madagaskar. Banyak yang tetap berhubungan satu sama lain.

“Inti dari serial ini bagi saya selalu menjadi kerabat terdekat,” kata Malkinson.

“Untuk mencoba dan bahkan memahami trauma kompleks dari kehilangan yang ambigu. Hanya tidak tahu—itu tidak bisa dimengerti."

“Orang-orang yang telah kami ajak bicara, tantangan terbesar mereka. Apakah ini dilupakan, dan itu hanya peristiwa tragis yang harus mereka tinggalkan,” imbuh dia.

Pada 2017, Biro Keselamatan Transportasi Australia menangguhkan pencarian MH370 di perairan kasar Samudra Hindia bagian selatan. Itu selalu merupakan misi yang mustahil—wilayah yang luas berdasarkan perkiraan titik akhir, terpencil dan dilanda badai, dengan gua-gua dasar laut seperti Grand Canyon.

Tetap saja, Malkinson mengatakan dia berharap pencarian untuk suatu hari dilanjutkan, untuk penutupan, konfirmasi dan yang paling penting, untuk kerabat terdekat.

“Saya pikir kita tidak bisa berada di dunia di mana [Boeing] 777 hilang dan itu sangat tragis dan kita harus melanjutkan-–itu seharusnya tidak terjadi.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)