Inilah Rudal Asef Iran yang Dapat Menghantam Seluruh Israel

Jum'at, 03 Maret 2023 - 11:29 WIB
loading...
Inilah Rudal Asef Iran yang Dapat Menghantam Seluruh Israel
Iran memperkenalkan rudal Asef, yang menurut lembaga riset mampu menjangkau seluruh wilayah Israel. Foto/Tasnim News
A A A
TEHERAN - Iran telah memperkenalkan jenis baru rudal jelajah yang diluncurkan dari udara, yang dikenal sebagai Asef. Menurut Institute of International and Strategic Studies (IISS), misil itu mampu menghantam seluruh wilayah Israel .

IISS, seperti dikutip Asia Times, Jumat (3/3/2023), melaporkan bahwa Iran sebelumnya telah menampilkan sebagian kecil dari senjata baru itu pada pesawat Su-24M dan tampaknya mirip dengan rudal jelajah Kh-55 era Soviet—yang telah digunakan Rusia di Suriah dan perang di Ukraina yang sedang berlangsung saat ini.

Lembaga penelitian itu menyebutkan bahwa sementara Teheran telah mampu memproduksi badan Kh-55, ia belum mampu memproduksi mesin turbofan rudal tersebut—sebuah teknologi kompleks yang membutuhkan pengetahuan metalurgi substansial dan rekayasa presisi.

Baca juga: Iran Berupaya Memperoleh Sistem Rudal S-400 Rusia, Israel Ketir-ketir


IISS bersugesti Iran mungkin telah menggunakan mesin turbofan domestik yang kurang efisien dalam konfigurasi tetap di bawah badan rudal daripada layout mesin drop-down Kh-55.

Laporan IISS mengatakan bahwa radius tempur Su-24M 500 kilometer dengan jangkauan Asef 1.000-1.500 kilometer memberikan rudal baru itu jangkauan serangan maksimum 2.000 kilometer. Dengan demikian, misil itu memungkinkan Iran untuk menghantam seluruh wilayah Israel.

Kh-55 adalah desain dasar untuk berbagai model rudal jelajah Iran. Seperti dicatat oleh Missile Threat pada Agustus 2021, Kh-55 pertama kali dirancang pada 1971 sebagai rudal jelajah strategis yang mampu mengirimkan hulu ledak nuklir pada jarak 2.500 kilometer dengan kemungkinan kesalahan melingkar (CEP) 25 meter.

Rudal Canggih Iran Lain Selain Asef

Missile Threat, bagian dari lembaga Center for Strategic and International Studies (CSIS), mencatat bahwa Kh-55 kira-kira analog dengan rudal jelajah Tomahawk Amerika Serikat (AS), dengan diameter dan panjang tubuh yang kira-kira identik dan mampu membawa hulu ledak nuklir seberat 410 kilogram atau hulu ledak ledak konvensional seberat 400 kilogram dalam varian Kh-555. Keduanya dipandu oleh panduan inersia atau pencocokan kontur medan (TERCOM).

Selain Asef, Iran kemungkinan telah membuat seluruh keluarga rudal jelajah berdasarkan desain dasar Kh-55, termasuk Soumar, Hoveyzeh, dan Abu Mahdi.

Soumar, yang pertama kali diluncurkan pada Maret 2015, kemungkinan merupakan salinan Kh-55 yang diluncurkan dari darat, dengan jangkauan yang diklaim 2.500 kilometer, seperti yang dicatat oleh Missile Threat pada Juli 2021.

Namun, laporan tersebut mencatat bahwa ketidakmampuan Iran untuk menghasilkan versi domestik dari mesin turbofan Kh-55 berarti jangkauannya mungkin jauh lebih rendah dari yang diklaim Iran.

Missile Threat lebih lanjut menyebutkan bahwa Iran meluncurkan rudal jelajah Hoveyzeh pada Februari 2019, yang memiliki jangkauan 1.350 kilometer, jauh lebih kecil dari Soumar. Lembaga riset itu mencatat bahwa rumah mesin Hoveyzeh adalah tipikal mesin turbojet daripada mesin turbofan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)