Iran Berupaya Memperoleh Sistem Rudal S-400 Rusia, Israel Ketir-ketir

Jum'at, 03 Maret 2023 - 07:55 WIB
loading...
Iran Berupaya Memperoleh Sistem Rudal S-400 Rusia, Israel Ketir-ketir
Iran sedang berupaya memperoleh sistem rudal S-400 Rusia, senjata pertahanan canggih yang membuat Israel ketir-ketir. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Iran telah meminta sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia, senjata yang digambarkan media-media Zionis bisa menjadi malapetaka bagi Israel .

Rusia belum secara terbuka mengonfirmasi apakah akan memasok senjata pertahanan canggih tersebut. Jika dipasok, Iran hanya membutuhkan dua tahun agar sistem itu bisa beroperasi.

S-400 adalah sistem rudal permukaan-ke-udara mobile yang dibuat oleh Rusia. Ia menjadi momok bagi pesawat terbang, kendaraan udara tak berawak, dan rudal jelajah.

Baca juga: Iran Pamer Rudal Besar Bertuliskan 'Matilah Israel'


Menurut Center for Strategic and International Studies (CSIS), senjata pertahanan buatan Rusia itu juga memiliki kemampuan pertahanan terhadap rudal balistik.

Menurut pejabat Israel dan Amerika Serikat (AS) yang mengetahui upaya Iran memperoleh sistem pertahanan rudal S-400 Rusia mengatakan senjata itu akan mempersempit jendela untuk potensi serangan terhadap program nuklir Teheran.

Para pejabat itu menambahkan, prospek Iran mendapatkan senjata pertahanan Rusia tersebut akan mempercepat keputusan tentang kemungkinan serangan. Sebab, Teheran butuh waktu kurang dari dua tahun untuk mengoperasikan senjata tersebut jika benar-benar mendapatkannya dari Moskow.

Rusia belum mengatakan secara terbuka apakah akan memasok senjata, tetapi Moskow dan Teheran semakin dekat sejak invasi Moskow ke Ukraina. Butuh waktu kurang dari dua tahun untuk mengoperasikan S-400.

Rusia telah menerima amunisi dari Iran untuk invasi ke Ukraina, yang telah membantu memperkuat hubungan militer Moskow-Teheran. Sekarang, Teheran berharap Moskow memberikan materi militer.

Ukraina mengatakan bahwa Rusia menerima 2400 drone dari Iran.

Baca juga: Rusia Sebut Tak Masalah Pasok Sistem Rudal S-400 ke Iran


Israel sejauh ini memiliki kebijakan netralitas dalam berurusan dengan Rusia. Ini berarti bahwa Israel hanya mengirim bantuan kemanusiaan ke Ukraina tetapi bukan dukungan atau sumber daya militer.

Namun, Israel telah mengeklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap pabrik militer Iran. Ini telah menyebabkan ancaman terselubung, ke Israel, dari Rusia.

“Saya pikir kita bergerak ke titik bahwa peluang sukses untuk melakukan sesuatu yang efektif secara militer semakin tipis,” kata Profesor Avner Cohen, seorang sarjana terkemuka Israel-Amerika tentang proliferasi nuklir dalam sebuah wawancara dengan The Jerusalem Post, yang dilansir Jumat (3/3/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)