Jerman Peringatkan China: Jangan Persenjatai Rusia!

Jum'at, 03 Maret 2023 - 05:30 WIB
loading...
Jerman Peringatkan China: Jangan Persenjatai Rusia!
Jerman Peringatkan China: Jangan Persenjatai Rusia!. FOTO/Reuters
A A A
BERLIN - Kanselir Jerman Olaf Scholz pada Kamis (2/3/2023) mendesak China untuk tidak mengirim senjata untuk membantu perang Rusia di Ukraina . Sebaliknya, ia meminta Beijing untuk menekan Moskow untuk menarik kembali pasukannya dari wilayah Ukraina.

Dalam pidatonya di parlemen Jerman, Scholz mengatakan sangat mengecewakan bahwa Beijing telah menahan diri untuk tidak mengutuk invasi Rusia, meskipun dia menyambut baik upayanya untuk mengurangi eskalasi nuklir.



"Pesan saya ke Beijing jelas: Gunakan pengaruh Anda di Moskow untuk mendesak penarikan pasukan Rusia," kata Scholz, seperti dikutip dari Reuters. "Dan, jangan berikan senjata apa pun kepada agresor Rusia," lanjutnya.

Pernyataan Scholz menggarisbawahi bagaimana tanggapan internasional terhadap perang di Ukraina menyoroti perpecahan global, dengan China dan India menahan diri untuk tidak mengutuk invasi Rusia.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) sedang mencari sekutu dekat tentang kemungkinan menjatuhkan sanksi baru terhadap China jika Beijing memberikan dukungan militer kepada Rusia untuk perangnya di Ukraina, sebuah sumber mengatakan kepada Reuters minggu ini.



Konsultasi, yang masih dalam tahap awal, dimaksudkan untuk menggalang dukungan dari berbagai negara, terutama yang berada di Kelompok 7 yang kaya, untuk mengoordinasikan dukungan untuk segala kemungkinan pembatasan.

Untuk bagiannya, China telah mengeluarkan makalah 12 poin yang menyerukan gencatan senjata komprehensif yang ditanggapi dengan skeptis di Barat.

Sambil menyambut baik sikap Beijing tentang de-eskalasi nuklir, Scholz mengatakan, "Orang dapat mengharapkan China untuk mendiskusikan ide-idenya dengan para pemangku kepentingan utama - dengan Ukraina dan dengan Presiden [Volodymyr] Zelensky."
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)