Terus Ditekan China, Militer Taiwan Dapat Tambahan Senjata dari AS

Kamis, 02 Maret 2023 - 20:05 WIB
loading...
A A A
Jet tempur J-10, model yang lebih tua yang mulai beroperasi dua dekade lalu, terbang lebih dekat ke pantai China daripada Taiwan, sementara J-16, pesawat tempur yang jauh lebih baru dan lebih maju, terbang ke timur laut Kepulauan Prata yang dikuasai Taiwan.

Kepulauab Prata yang dipertahankan dengan ringan terletak secara strategis di bagian atas Laut China Selatan, dan banyak penerbangan lintas Cina terjadi di dekatnya.

"Pasukan Taiwan memantau situasi, termasuk mengirim pesawatnya sendiri," tambah kementerian itu, menggunakan ungkapan normal atas tanggapannya terhadap serangan China semacam itu.

Sebelumnya, kementerian itu pada hari Rabu melaporkan 19 pesawat China terbang di zona pertahanan udara Taiwan.



China mengatakan kegiatannya di wilayah itu dibenarkan karena berusaha mempertahankan integritas teritorialnya dan untuk memperingatkan AS agar tidak "berkolusi" dengan Taiwan, meskipun hal ini menimbulkan kemarahan di Taipei.

Tak satu pun dari pesawat melintasi garis median Selat Taiwan yang sensitif, yang telah berfungsi sebagai penghalang tidak resmi antara kedua pihak, tetapi angkatan udara China telah terbang hampir setiap hari sejak melakukan latihan perang di dekat Taiwan Agustus lalu.

Taiwan terakhir melaporkan penyeberangan garis median besar pesawat China pada hari Jumat, ketika 10 pesawat terlibat.

China belum mengomentari aktivitas baru-baru ini di dekat Taiwan. Pada bulan Januari, China mengatakan pihaknya mengadakan latihan tempur di sekitar pulau itu untuk dengan tegas melawan tindakan provokatif pasukan eksternal dan pasukan separatis kemerdekaan Taiwan.

Tidak ada tembakan yang dilepaskan dan pesawat China terbang di ADIZ Taiwan, bukan di wilayah udara teritorialnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)