AS Peringatkan China Tidak Berikan Bantuan untuk Perang Rusia di Ukraina

Selasa, 28 Februari 2023 - 00:30 WIB
loading...
AS Peringatkan China Tidak Berikan Bantuan untuk Perang Rusia di Ukraina
Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) memperingatkan China tentang konsekuensi serius jika memberikan senjata untuk mendukung invasi Rusia ke Ukraina. Peringatan disampaikan ketika jenderal tertinggi Kiev mengunjungi kota garis depan Bakhmut, di mana para pejuang Ukraina bertahan melawan serangan terus-menerus.

Washington dan sekutu NATO-nya berjuang untuk mencegah China memberikan bantuan militer untuk perang Moskow, membuat komentar publik atas keyakinan mereka bahwa Beijing sedang mempertimbangkan untuk menyediakan peralatan mematikan yang mungkin, termasuk drone.



Ketakutan Barat terhadap China membantu mempersenjatai Rusia datang ketika pasukan Moskow berjuang untuk mendapatkan keuntungan di sekitar tujuan utama di Ukraina timur, dan ketika Kiev mempersiapkan serangan balasan dengan senjata canggih Barat, termasuk tank tempur.

“Beijing harus membuat keputusannya sendiri tentang bagaimana kelanjutannya, apakah akan memberikan bantuan militer. Tetapi jika menempuh jalan itu, maka itu akan menimbulkan kerugian nyata bagi China,” jelas Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan kepada CNN “State of the Program Serikat”.

“Sementara China tidak bergerak maju dalam memberikan bantuan itu, juga tidak mengambil opsi dari meja,” kata Sullivan dalam wawancara terpisah di program "Minggu Ini" di ABC.

Beijing telah menolak untuk mengutuk serangan Moskow ke Ukraina, terakhir pada pertemuan Kelompok Dua Puluh (G20) di India pada Sabtu. Ini menerbitkan proposal gencatan senjata pada hari Jumat, peringatan pertama invasi Rusia ke Ukraina, tetapi tawaran itu ditanggapi dengan skeptis di antara sekutu Barat Ukraina.



“Ketika saya mendengar laporan – dan saya tidak tahu apakah itu benar – yang menurut China mungkin berencana untuk memasok drone kamikaze ke Rusia, sementara pada saat yang sama menyajikan rencana perdamaian, maka saya menyarankan agar kita menilai China berdasarkan tindakannya dan bukan kata-katanya,” ujar Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorius.

Sementara Direktur CIA, William Burns juga mempertimbangkan tentang China dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Minggu, mengatakan badan intelijen AS "yakin bahwa kepemimpinan China sedang mempertimbangkan penyediaan peralatan mematikan."

"Kami juga belum melihat bahwa keputusan akhir telah dibuat, dan kami tidak melihat bukti pengiriman peralatan mematikan yang sebenarnya," kata Burns dalam program "Face the Nation" di CBS.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)