Bos CIA Yakin China Tengah Pertimbangkan Bantuan Militer ke Rusia

Minggu, 26 Februari 2023 - 22:04 WIB
loading...
A A A
“Saya berbicara panjang lebar dengan Xi (Jinping, presiden China) tentang hal ini di musim panas. Dan saya berkata, 'Lihat, ini bukan ancaman. Itu hanya sebuah pernyataan. Sebenarnya, ketika orang Eropa melihat apa yang sedang terjadi, dan orang Amerika melihat apa yang terjadi di Rusia - di Eropa, coba tebak? Enam ratus perusahaan mundur. Mereka meninggalkan. Mereka tidak ingin diasosiasikan’," kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih Jumat lalu, mengacu pada Presiden China Xi Jinping.

"Saya berkata, ‘Anda mengatakan kepada saya bahwa masa depan China bergantung pada investasi dari dunia Barat. Dan itu penting.’ Saya berkata, ‘Saya akan terus mengawasinya,’” imbuhnya.

Tetapi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang menjamu Biden di Kiev untuk memperingati satu tahun invasi Rusia, menyuarakan pandangan yang jauh lebih mengerikan jika China campur tangan.

“Karena jika China bersekutu dengan Rusia, akan terjadi perang dunia, dan saya pikir China menyadarinya,” katanya pekan lalu.



Ditanya tentang ancaman pemerintah untuk merilis informasi intelijen yang menunjukkan China sedang mempertimbangkan bantuan militer ke Rusia, Burns mengatakan keputusan Presiden China Xi Jinping untuk melanjutkan pengiriman akan menjadi taruhan yang sangat berisiko dan tidak bijaksana.

“Saya pikir orang China juga mencoba untuk mempertimbangkan konsekuensi dari, Anda tahu, keprihatinan apa yang telah kami ungkapkan, Anda tahu, tentang penyediaan peralatan yang mematikan,” kata Burns.

“Di mana titik di mana, Anda tahu, mereka akan mengalami beberapa konsekuensi yang cukup serius. Dan itulah yang kami coba perjelas, ”katanya.

Burns juga mengatakan bahwa Xi Jinping telah menyadari persatuan yang ditunjukkan Barat selama invasi Rusia ke Ukraina.

“Tidak ada pemimpin asing yang melihat lebih hati-hati pengalaman Vladimir Putin di Ukraina, evolusi perang, daripada Xi Jinping,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)