ISIS Klaim Berada di Balik Tewasnya 70 Tentara di Burkina Faso

Minggu, 26 Februari 2023 - 00:30 WIB
loading...
ISIS Klaim Berada di Balik Tewasnya 70 Tentara di Burkina Faso
Ilustrasi
A A A
OUAGADOUGOU - Kelompok Daesh ( ISIS ) telah mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan lebih dari 70 tentara, melukai puluhan orang dan menyandera lima orang, dalam penyergapan konvoi militer di Burkina Faso utara.

Pernyataan itu, yang diposting pada Jumat (24/2/2023) oleh Amaq, kantor berita kelompok itu, mengatakan, pihaknya menyerang konvoi yang mencoba maju ke daerah-daerah yang dikuasainya di dekat Deou, di provinsi Oudalan di Sahel.



Dikatakan, pihaknya menyita senjata dan mengejar tentara yang mundur bermil-mil jauhnya ke padang pasir.

Gambar yang dirilis oleh kelompok itu menunjukkan 54 mayat berseragam militer tergeletak di tanah berlumuran darah, serta lebih dari 50 senapan serbu yang disita dan gambar lima tentara yang katanya ditawan.

Pengumuman itu dikeluarkan satu minggu setelah serangan di Deou dan beberapa hari setelah serangan lain di kota Tin-Akoff, di mana penduduk setempat dan kelompok masyarakat sipil mengatakan puluhan tentara dan warga sipil tewas ketika sebuah pos militer diserang.



Tidak jelas berapa banyak orang yang tewas dalam dua insiden tersebut. Pekan lalu, pemerintah mengkonfirmasi bahwa 51 tentara tewas dalam penyergapan di Deou, tetapi belum menanggapi permintaan untuk memperbarui jumlah atau mengomentari serangan di Tin-Akoff.

Kekerasan yang terkait dengan Al-Qaeda dan kelompok Daesh telah menghancurkan negara itu selama tujuh tahun, menewaskan ribuan orang dan membuat hampir 2 juta orang mengungsi.

Frustrasi atas ketidakmampuan pemerintah membendung kekerasan menyebabkan dua kudeta tahun lalu, masing-masing didahului dengan serangan besar-besaran terhadap militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)