Anggota Kongres AS: Perjalanan Biden di Kiev Tampar Muka Tiap Warga Amerika

Rabu, 22 Februari 2023 - 06:34 WIB
loading...
Anggota Kongres AS: Perjalanan Biden di Kiev Tampar Muka Tiap Warga Amerika
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan Presiden AS Joe Biden berjalan di depan katedral Saint Michael, Kiev, Ukraina, 20 Februari 2023. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Anggota DPR Amerika Serikat (AS) Partai Republik Paul Gosar menilai perjalanan Presiden Joe Biden ke Ukraina adalah "tamparan di wajah setiap orang Amerika".

Pernyataan Gosar itu muncul pada Senin (20/2/2023). Sudah mendapat kecaman atas ratusan miliar dolar yang dia serahkan ke Kiev, Biden sekarang dikritik Partai Republik karena penanganannya atas kecelakaan bahan kimia yang menghancurkan di tanah AS.



Biden melakukan kunjungan mendadak ke Kiev pada Senin, di mana dia memberi tahu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa pemerintahannya sedang menyiapkan paket bantuan militer senilai USD500 juta untuk pasukannya.

Pemerintahan Biden telah menyerahkan bantuan militer hampir USD30 miliar kepada Zelensky sejak Februari lalu, dan telah menyisihkan lebih dari USD110 miliar untuk melanjutkan bantuan militer dan ekonomi ke Ukraina.



"Joe Biden mengunjungi Ukraina adalah tamparan bagi setiap orang Amerika, terutama warga East Palestine, Ohio," tweet Gosar.

Dia menegaskan, "Ukraina bukan teman kita, dan Rusia bukan musuh kita."

Gosar sangat menentang pendanaan Biden atas Ukraina, dan mensponsori resolusi awal bulan ini yang akan menghentikan bantuan AS ke Kiev.

Resolusi tersebut, yang ditandatangani oleh 11 anggota “Kaukus Kebebasan” anti-intervensi, menyerukan Rusia dan Ukraina untuk mencapai kesepakatan damai.

Partai Republik dari Kaukus Kebebasan dan sekitarnya telah mengecam Biden atas penanganannya terhadap tumpahan bahan kimia East Palestine.

Satu kereta yang membawa vinil klorida dan bahan kimia berbahaya lainnya tergelincir di kota kecil Ohio awal bulan ini, dan pembakaran yang terkendali dari zat-zat ini menyelimuti kota dalam kepulan asap hitam.

Biden belum mengunjungi East Palestine, juga belum menyetujui deklarasi bencana. Sekretaris transportasi Biden menyalahkan insiden itu pada mantan Presiden Donald Trump.

Meskipun Biden telah mengirim pejabat Badan Perlindungan Lingkungan dan Kesehatan serta Layanan Kemanusiaan ke lokasi untuk menyatakan aman, penduduk mengeluhkan gejala fisik yang mengkhawatirkan serta hewan peliharaan, ternak, dan ikan yang mati.

"Itu adalah tamparan terbesar di wajah," ujar Wali Kota East Palestine Trent Conway tentang perjalanan Biden ke Kiev.

“Itu memberitahumu sekarang dia tidak peduli dengan kita. Dia dapat mengirim setiap agen yang dia inginkan, tetapi saya mengetahui pagi ini bahwa dia berada di Ukraina memberikan jutaan dolar kepada orang-orang di sana dan bukan kepada kita… pada Hari Presiden di negara kita, jadi saya sangat marah,” tegas dia kepada Fox News.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)