Taliban Larang Obat dan Alat Kontrasepsi, Tuding Barat Atur Populasi Muslim

Minggu, 19 Februari 2023 - 02:01 WIB
loading...
Taliban Larang Obat dan Alat Kontrasepsi, Tuding Barat Atur Populasi Muslim
Ibu-ibu mengunjungi klinik di Kabul, Afghanistan. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Pemerintahan Taliban dilaporkan telah melarang penjualan semua obat dan alat kontrasepsi di dua kota terbesar Afghanistan.

Taliban menuduh negara-negara Barat mencoba menggunakan kontrasepsi untuk mengendalikan populasi Muslim.

“Taliban telah memerintahkan apotek di Kabul dan Mazar-i-Sharif membersihkan rak mereka dari semua produk kontrasepsi,” ungkap laporan The Guardian pada Jumat (17/2/2023).

Taliban juga pergi dari pintu ke pintu, mengancam bidan tidak mempromosikan “konsep Barat tentang pengendalian populasi.”

“Mereka datang ke toko saya dua kali dengan membawa senjata dan mengancam saya untuk tidak menjual pil kontrasepsi,” papar seorang pemilik apotek di Kabul kepada The Guardian.



Dia menjelaskan, “Mereka secara rutin memeriksa setiap apotek di Kabul, dan kami menghentikan penjualan produknya.”

Pemilik apotek lain mengatakan larangan tersebut dimulai pada awal Februari dan mengharuskan penghapusan produk seperti pil KB dan suntikan Depo-Provera. “Kami terlalu takut untuk menjual stok yang ada,” papar dia.

“Anggota Taliban yang berpatroli di jalan-jalan Kabul mengklaim penggunaan kontrasepsi dan keluarga berencana adalah agenda Barat," ungkap laporan surat kabar itu.

Juru bicara Taliban Ustad Faridoon menjelaskan dia tidak mendukung larangan total kontrasepsi, mencatat kadang-kadang diperlukan secara medis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)