Amerika: 30.000 Tentara Bayaran Wagner Rusia Terbunuh di Ukraina

Sabtu, 18 Februari 2023 - 14:01 WIB
loading...
Amerika: 30.000 Tentara Bayaran Wagner Rusia Terbunuh di Ukraina
Amerika Serikat klaim lebih dari 30.000 tentara bayaran Wagner Group Rusia telah terbunuh di Ukraina. Foto/REUTERS/File Photo
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeklaim lebih dari 30.000 tentara bayaran Wagner Group Rusia telah terbunuh di Ukraina sejak invasi dimulai Februari tahun lalu.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan 90 persen tentara bayaran Wagner yang terbunuh di Ukraina sejak Desember 2022 adalah narapidana.

Menurut intelijen AS, setengah dari keseluruhan kematian di antara tentara bayaran Wagner telah terjadi sejak pertengahan Desember, ketika pertempuran di kota Bakhmut, Ukraina timur, meningkat.

Kirby, seperti dikutip Reuters, Sabtu (18/2/2023), mengatakan kelompok tentara bayaran itu telah memperoleh keuntungan tambahan di dalam dan sekitar Bakhmut selama beberapa hari terakhir. Namun kemajuan itu membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dicapai dan datang dengan harga yang dibayar sangat mahal.



“Mungkin saja mereka akan berhasil di Bakhmut tetapi itu tidak akan terbukti berharga bagi mereka karena tidak memiliki nilai strategis yang nyata,” katanya, seraya menambahkan bahwa pasukan Ukraina akan mempertahankan garis pertahanan yang kuat di seluruh wilayah Donbas.

Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa Wagner Group terus sangat bergantung pada narapidana, yang dikirim ke medan perang tanpa pelatihan atau peralatan, meskipun ada komentar baru-baru ini dari pendiri Wagner, Yevgeny Prigozhin, bahwa dia telah berhenti merekrut tahanan Rusia untuk berperang di Ukraina.

Kementerian Pertahanan Inggris telah memperkirakan militer Rusia kemungkinan telah menderita hingga sekitar 200.000 korban sejak dimulainya invasi mereka ke Ukraina.

“Tingkat korban Rusia yang tinggi, terutama rasio kematian terhadap cedera yang tinggi, terus berdampak buruk pada efektivitas tempur militer Rusia dan kemungkinan mendorong pejabat Rusia untuk melanjutkan upaya mobilisasi crypto,” imbuh Institute for the Study of War, lembaga think tank yang berbasis di Washington, DC, pada hari Sabtu.

Sementara itu, kepala Wagner Group Yevgeny Prigozhin mengeklaim bahwa pemukiman Paraskoviivka di utara Bakhmut sepenuhnya dikendalikan oleh pasukannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)