Pasukan Taliban Tewaskan 3 Anggota ISIS dalam Serangan di Kabul

Rabu, 15 Februari 2023 - 20:50 WIB
loading...
Pasukan Taliban Tewaskan 3 Anggota ISIS dalam Serangan di Kabul
Pasukan Taliban Tewaskan 3 Anggota ISIS dalam Serangan di Kabul. FOTO/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Pasukan intelijen Taliban membunuh tiga militan Daesh ( ISIS ) dan menangkap satu lainnya dalam operasi semalam di ibu kota Afghanistan, Kabul. Hal itu diungkapkan seorang pejabat Taliban, Selasa (14/2/2023).

“Serangan di sebuah bangunan perumahan menargetkan militan Daesh yang mengorganisir serangan baru-baru ini di ibu kota,” kata Khalil Hamraz, juru bicara Direktur Jenderal Intelijen Afghanistan yang ditunjuk Taliban, seperti dikutip dari AP.



Dia menyebut target di lingkungan Karti Naw sebagai tempat persembunyian penting ISIS. “Selama operasi, tiga anggota Daesh tewas dan satu militan ditangkap. Amunisi dan peralatan militer disita oleh pasukan,” lanjut Hamraz.

Afiliasi regional Daesh — dikenal sebagai Daesh–Khorasan — adalah saingan utama Taliban. Kelompok tersebut telah meningkatkan serangannya di Afghanistan sejak pengambilalihan Taliban pada tahun 2021. Sasarannya termasuk patroli Taliban dan anggota minoritas Syiah Afghanistan.

Penduduk setempat melaporkan mendengar beberapa ledakan dan baku tembak selama berjam-jam. “Tempat ini tidak diketahui, karena orang tidak banyak pergi dan datang ke daerah ini,” kata Hejran Khan, seorang warga setempat.



“Orang-orang yang ada di sana tidak menunjukkan diri dan tidak keluar, orang tidak tahu siapa mereka dan apa rencana mereka,” lanjutnya.

Taliban menyapu seluruh negeri pada Agustus 2021, merebut kekuasaan ketika pasukan AS dan NATO berada di minggu-minggu terakhir penarikan terakhir mereka dari Afghanistan setelah 20 tahun perang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)