Pelaku Penembakan Michigan State University Tewas

Selasa, 14 Februari 2023 - 15:56 WIB
loading...
Pelaku Penembakan Michigan State University Tewas
Pelaku penembakan di Michigan State University tewas akibat luka tembak yang dilakukan sendiri. Foto/CNN
A A A
WASHINGTON - Pelaku penembakan di dalam aula akademik kampus Michigan State University (MSU), Amerika Serikat (AS), yang menewaskan tiga orang dilaporkan tewas akibat luka tembak yang dilakukan sendiri. Aksi penembakan itu juga melukai 5 orang lainnya.

"Ini benar-benar mimpi buruk yang kita jalani malam ini, tetapi kita tetap fokus pada keamanan kampus kita, mahasiswa kita, dan komunitas sekitar kita," kata Wakil Kepala Sementara Departemen Keamanan Publik Michigan State University Chris Rozman seperti dikutip dari Fox News, Selasa (14/2/2023).

Kelima korban yang terluka, beberapa di antaranya memiliki luka yang mengancam jiwa, telah dibawa ke Rumah Sakit Sparrow untuk mendapatkan perawatan.

Aksi penembakan itu terjadi pada pukul 20:18 waktu setempat di dalam Berkey Hall, yang merupakan tempat bagi Departemen Sosiologi MSU di batas utara kampus.

Pihak kampus kemudian mengeluarkan perintah berlindung di tempat pada pukul 20:31 malam, menyuruh para mahasiswa untuk tetap di dalam dan membarikade diri mereka sendiri.

"Lari, Sembuny, Lawan," kata MSU dalam peringatan itu.



"Lari berarti menjauh dari bahaya jika Anda bisa melakukannya dengan aman, Sembunyi berarti mengamankan tempat, dan Lawan berarti melindungi diri sendiri jika tidak ada pilihan lain," jelas peringatan itu.

Menurut polisi, setelah melepaskan tembakan di dalam Berkey Hall, tersangka berjalan ke MSU Union dan melepaskan tembakan lagi.

MSU membatalkan kuliah selama dua hari ke depan dan mengimbau mahasiswa untuk tidak datang ke kampus pada hari Selasa waktu setempat.

Ratusan petugas petugas berwajib dari FBI, ATF, Kepolisian Negara Bagian Michigan, dan lembaga lainnya membantu pihak berwenang setempat dalam mengamankan kampus. FAA menerapkan pembatasan penerbangan sementara di atas kampus MSU hingga Rabu.

Penyidik masih mendalami identitas tersangka. Tidak segera jelas apakah dia memiliki afiliasi dengan universitas.

Ben Finkelstein, seorang mahasiswa senior di MSU, mengatakan bahwa dia bersembunyi di bawah tempat tidurnya setelah mendengar dua tembakan samar tadi malam.



"Saya tidak pernah merasa lebih takut dari sekarang," kata Finkelstein kepada Fox News Digital. "Aku gemetar," imbuhnya.

Mahasiswa lain yang juga senior di MSU mengatakan dia baik-baik saja secara fisik tetapi "benar-benar ketakutan".

"Saya telah mempersiapkan fisik dan mental untuk penembakan massal sejak sekolah dasar," kata siswa tersebut kepada Fox News Digital.

"Sejujurnya itu tidak terasa nyata," ia menambahkan.

Gubernur Michigan Gretchen Whitmer mengatakan bahwa dia telah diberi pengarahan oleh Polisi Negara Bagian Michigan tentang penembakan itu.

"Mari merangkul komunitas Spartan malam ini," cuit Whitmer. Senator Debbie Stabenow juga men-tweet bahwa dia sedang mengikuti berita penembakan itu.

Michigan State University memiliki lebih dari 50.000 mahasiswa dan berlokasi di East Lansing.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)