5 Negara yang Rawan Kena Bencana Alam, Indonesia Salah Satunya

Selasa, 14 Februari 2023 - 14:01 WIB
loading...
A A A
3. Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terletak di “Ring of Fire” Pasifik di mana sering terjadi letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor, kekeringan, dan kebakaran hutan.

Tercatat ada dua bencana alam terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia diantaranya letusan Tambora pada tahun 1815 yang merupakan letusan gunung berapi yang paling dahsyat hingga saat ini dan tsunami Samudra Hindia pada tahun 2004 yang menelan korban jiwa lebih dari 225 ribu orang.

Kerawanan bencana di Indonesia terdapat di pulau Sumatera dan Jawa yang memiliki  jumlah gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Karena sebagian besar gunung berapi masih aktif, pulau-pulau ini lebih rentan terhadap bencana alam seperti tsunami dan gempa bumi dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia.

4. Kolombia

Bagian dari wilayah negara Kolombia yang rawan terkena bencana alam adalah pegunungan Andes.

Seperti Indonesia, Andes merupakan wilayah yang terlewati oleh “Ring of Fire” dimana wilayah tersebut sering terjadi gempa bumi besar dan letusan gunung berapi.

Kondisi tropis yang lembab di wilayah Amazonia, Orinoquia, dan Karibia sering kali menyebabkan hujan lebat. Fenomena cuaca El Nino dan La Nina juga berdampak signifikan terhadap laju dan intensitas banjir, kekeringan, dan tanah longsor.

Dengan adanya bencana alam tersebut, pemerintah Kolombia telah memperkirakan 28% populasi Kolombia terkena risiko banjir besar, dan 31% risiko tanah longsor tinggi atau sedang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)