5 Negara yang Rawan Kena Bencana Alam, Indonesia Salah Satunya

Selasa, 14 Februari 2023 - 14:01 WIB
loading...
5 Negara yang Rawan Kena Bencana Alam, Indonesia Salah Satunya
Seorang pria menggendong anak di pundaknya, menyeberangi jalan yang banjir setelah Topan Vamco, di Provinsi Rizal, Filipina, 12 November 2020. Foto/REUTERS/Lisa Marie David
A A A
MANILA - Terdapat sejumlah negara yang rawan kena bencana alam karena beberapa hal yang melatarbelakanginya. Beberapa di antaranya bahkan mengalami bencana alam yang sama dalam setiap tahunnya.

Bencana alam merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh siapa pun. Akan tetapi bencana alam tidak menyerang semua tempat. Melainkan hanya wilayah tertentu saja yang mempunyai keadaan yang berbeda dengan wilayah yang lainnya.

Berdasarkan data Statista pada tahun 2022, berikut lima negara yang rawan kena bencana alam.

1. Filipina

Filipina merupakan negara yang sangat rentan terhadap bencana alam. Hal ini yang dipicu karena 60% wilayahnya berpotensi terjadinya bencana alam seperti, banjir, angin topan, kekeringan, gempa bumi, tsunami, dan tanah longsor.

Sejak tahun 1990, negara ini telah menghadapi 565 bencana serupa yang menewaskan 70.000 orang dan menyebabkan kerugian sekitar USD23 miliar.

2. India

Bencana alam yang paling rawan terjadi di India adalah gempa bumi, banjir, tsunami, tanah longsor, kekeringan, angin topan, dan longsoran salju. Namun bencana alam yang datang setiap tahun adalah bencana kekeringan.

Para ahli memperkirakan kekeringan akan meningkat lebih dari 30% dari tahun 2001 hingga tahun 2030, tetapi mungkin berbeda dari tahun ke tahun.

Peningkatan peristiwa suhu ekstrem tersebut menjadikan suatu ketakutan yang dihadapi masyarakat India. Terlebih para ahli juga memperkirakan peristiwa ini akan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2030.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)