5 Negara yang Rawan Kena Bencana Alam, Indonesia Salah Satunya

Selasa, 14 Februari 2023 - 14:01 WIB
loading...
5 Negara yang Rawan Kena Bencana Alam, Indonesia Salah Satunya
Seorang pria menggendong anak di pundaknya, menyeberangi jalan yang banjir setelah Topan Vamco, di Provinsi Rizal, Filipina, 12 November 2020. Foto/REUTERS/Lisa Marie David
A A A
MANILA - Terdapat sejumlah negara yang rawan kena bencana alam karena beberapa hal yang melatarbelakanginya. Beberapa di antaranya bahkan mengalami bencana alam yang sama dalam setiap tahunnya.

Bencana alam merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh siapa pun. Akan tetapi bencana alam tidak menyerang semua tempat. Melainkan hanya wilayah tertentu saja yang mempunyai keadaan yang berbeda dengan wilayah yang lainnya.

Berdasarkan data Statista pada tahun 2022, berikut lima negara yang rawan kena bencana alam.

1. Filipina

Filipina merupakan negara yang sangat rentan terhadap bencana alam. Hal ini yang dipicu karena 60% wilayahnya berpotensi terjadinya bencana alam seperti, banjir, angin topan, kekeringan, gempa bumi, tsunami, dan tanah longsor.

Sejak tahun 1990, negara ini telah menghadapi 565 bencana serupa yang menewaskan 70.000 orang dan menyebabkan kerugian sekitar USD23 miliar.

2. India

Bencana alam yang paling rawan terjadi di India adalah gempa bumi, banjir, tsunami, tanah longsor, kekeringan, angin topan, dan longsoran salju. Namun bencana alam yang datang setiap tahun adalah bencana kekeringan.

Para ahli memperkirakan kekeringan akan meningkat lebih dari 30% dari tahun 2001 hingga tahun 2030, tetapi mungkin berbeda dari tahun ke tahun.

Peningkatan peristiwa suhu ekstrem tersebut menjadikan suatu ketakutan yang dihadapi masyarakat India. Terlebih para ahli juga memperkirakan peristiwa ini akan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2030.

3. Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terletak di “Ring of Fire” Pasifik di mana sering terjadi letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor, kekeringan, dan kebakaran hutan.

Tercatat ada dua bencana alam terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia diantaranya letusan Tambora pada tahun 1815 yang merupakan letusan gunung berapi yang paling dahsyat hingga saat ini dan tsunami Samudra Hindia pada tahun 2004 yang menelan korban jiwa lebih dari 225 ribu orang.

Kerawanan bencana di Indonesia terdapat di pulau Sumatera dan Jawa yang memiliki  jumlah gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Karena sebagian besar gunung berapi masih aktif, pulau-pulau ini lebih rentan terhadap bencana alam seperti tsunami dan gempa bumi dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia.

4. Kolombia

Bagian dari wilayah negara Kolombia yang rawan terkena bencana alam adalah pegunungan Andes.

Seperti Indonesia, Andes merupakan wilayah yang terlewati oleh “Ring of Fire” dimana wilayah tersebut sering terjadi gempa bumi besar dan letusan gunung berapi.

Kondisi tropis yang lembab di wilayah Amazonia, Orinoquia, dan Karibia sering kali menyebabkan hujan lebat. Fenomena cuaca El Nino dan La Nina juga berdampak signifikan terhadap laju dan intensitas banjir, kekeringan, dan tanah longsor.

Dengan adanya bencana alam tersebut, pemerintah Kolombia telah memperkirakan 28% populasi Kolombia terkena risiko banjir besar, dan 31% risiko tanah longsor tinggi atau sedang.

5. Meksiko

Meksiko merupakan negara yang terletak di salah satu wilayah seismologi paling aktif di dunia. Oleh karena itu negara yang satu ini sering mengalami gempa bumi yang berkekuatan sangat besar.

Selain itu bahaya terkait iklim di wilayah tersebut termasuk badai dan banjir besar juga sering terjadi selama musim hujan lebat.

Peristiwa badai lebih sering dikaitkan dengan angin topan yang menyebabkan kerusakan parah.

Sementara itu alasan terkuat Meksiko menjadi negara yang rawan kena bencana alam dikarenakan sebagian besar pantainya sering terdapat siklon tropis dan angin topan dari samudra Atlantik dan Pasifik dari Juli hingga Oktober, yang membuat sebagian wilayah pesisirnya rusak parah.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)