India Ingin Ubah Hari Valentine Jadi Hari Peluk Sapi, Tapi Batal

Minggu, 12 Februari 2023 - 10:42 WIB
loading...
India Ingin Ubah Hari Valentine Jadi Hari Peluk Sapi, Tapi Batal
India ingin ubah Hari Valentine jadi Hari Peluk Sapi, namun batal karena jadi bahan ejekan dan olok-olok. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW DELHI - Selama berabad-abad, sapi dianggap suci oleh penduduk India yang mayoritas beragama Hindu, sebagai simbol Bumi dan dewa. Begitu dihormatinya hewan itu hingga membuat pihak berwenang di India berencana untuk mengubah nama Hari Valentine menjadi Hari Peluk Sapi.

Langkah itu diharapkan akan meningkatkan kekayaan emosional warga dan memberikan pukulan kepada apa yang dilihat sebagai budaya impor.

Deklarasi 14 Februari sebagai "Hari Peluk Sapi," datang dalam sebuah pernyataan pada awal pekan ini dari Dewan Kesejahteraan Hewan India, yang menyebut sapi sebagai tulang punggung budaya India dan ekonomi pedesaan.

"Sapi adalah pemberi segalanya, menyediakan kekayaan bagi umat manusia" karena "sifatnya yang bergizi," kata badan tersebut, badan hukum yang memberi nasihat kepada Kementerian Perikanan, Peternakan, dan Perah India seperti dikutip dari CNN, Minggu (12/2/2023).



Dikatakan dorongan untuk memeluk sapi adalah bagian dari upaya untuk mempromosikan "Weda" atau tradisi suci Hindu, yang diklaim telah terkikis oleh pengaruh Barat.

"Tradisi Weda hampir di ambang kepunahan karena kemajuan budaya (barat) dari waktu ke waktu,” kata pernyataan itu.

“Kepesonaan peradaban barat telah membuat budaya dan warisan fisik kita hampir terlupakan,” sambung pernyataan itu.

Namun langkah tersebut tampaknya menjadi bumerang dan memicu banjirnya meme internet, kartun, dan lelucon oleh pembawa acara TV.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)