Misteri Bom Nuklir 3.400 Kg Amerika yang Hilang saat Latihan Tempur

Selasa, 07 Februari 2023 - 12:38 WIB
loading...
A A A
"Jika itu masalahnya, dan bom itu memang mengandung pemicu plutonium, ledakan yang dihasilkan akan mencakup bola api dengan radius lebih dari satu mil dan radiasi termal hingga 10 kali jarak itu...Ada cara yang lebih baik untuk berjemur di Pulau Tybee," paparnya, seperti dikutip dari Express.co.uk, Selasa (7/2/2023).

Di antara teori tentang apa yang bisa terjadi pada bom itu termasuk kemungkinan kapal selam Soviet menemukannya, menjelaskan mengapa otoritas AS tidak pernah dapat menemukannya.

Apakah senjata itu berfungsi telah lama menjadi topik diskusi. Jika bom itu memiliki inti nuklir plutonium, itu akan dianggap sebagai senjata yang berfungsi penuh.

Sedangkan jika memiliki inti tiruan, seperti yang telah disampaikan pemerintah AS, maka itu tidak mampu menghasilkan ledakan nuklir tetapi masih dapat menghasilkan ledakan konvensional.

Hampir 50 tahun setelah B-47 melepaskan bom nuklir tersebut, seorang pensiunan Letnan Kolonel Angkatan Udara, Derek Duke, percaya bahwa dia telah berhasil mempersempit tempat peristirahatan bom itu.

Dia mengeklaim telah menemukan ruang seukuran lapangan sepak bola yang mungkin sebagai akibat dari tingkat radiasi nuklir yang dipancarkan dari senjata yang hilang tersebut. Lantaran tidak mengungkap detail, lokasi yang diduga sebagai pendaratan bom nuklir tersebut masih menjadi misteri.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)