Ikuti Langkah Jerman, Portugal Akan Kirim Tank Leopard 2 ke Ukraina

Sabtu, 04 Februari 2023 - 21:20 WIB
loading...
Ikuti Langkah Jerman, Portugal Akan Kirim Tank Leopard 2 ke Ukraina
Ikuti Langkah Jerman, Portugal Akan Kirim Tank Leopard 2 ke Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
LISBOA - Portugal akan mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina. Perdana Menteri Antonio Costa menegaskan hal itu pada Sabtu (4/2/2023), tanpa menyebutkan berapa banyak yang akan dikirim.

Menurut Costa, Portugal sedang dalam pembicaraan dengan Jerman untuk mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan untuk perbaikan sejumlah tank Leopard yang tidak dapat dioperasikan dalam persediaan senjata Portugal.



“Saat ini kami sedang bekerja untuk dapat membagikan beberapa tank kami,” kata Costa, seperti dikutip dari Reuters. “Saya tahu berapa banyak tank yang akan (dikirim ke Ukraina) tapi itu akan diumumkan pada waktu yang tepat,” lanjutnya.

Sementara itu, Panglima Angkatan Bersenjata Portugal, Laksamana AntĂłnio Silva Ribeiro mengatakan, Portugal memiliki 37 tank Leopard 2, tetapi telah dilaporkan secara luas oleh media lokal bahwa sebagian besar tidak dapat dioperasikan.

“Portugal bekerja sama dengan Jerman untuk mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan untuk memperbaiki tank yang tidak beroperasi,” kata Costa. Ia juga berharap dapat mengirimkannya ke Ukraina pada akhir Maret.



Sementara itu, Kementerian Pertahanan Portugal mengatakan tidak akan mengomentari “operabilitas sistem senjata dan peralatan” untuk alasan keamanan.

Awal pekan ini, Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba mengatakan, negaranya akan menerima 120 hingga 140 tank Barat dalam "gelombang pertama" pengiriman dari koalisi 12 negara.

Kiev mendapatkan janji dari Barat untuk memasok tank tempur utama untuk membantu menangkis invasi skala penuh Rusia, dengan Moskow melakukan upaya besar untuk membuat kemajuan tambahan di Ukraina timur.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)