Takut Partai Komunis, Para Miliarder China Lari ke Singapura

Sabtu, 04 Februari 2023 - 15:20 WIB
loading...
A A A
Pendatang baru mengendarai Rolls Royce dan Bentley, dan sering terlihat di klub golf papan atas seperti Sentosa Golf Club yang eksklusif, di mana anggota asing membayar 670.000 dolar setahun.

"Banyak dari mereka adalah orang China yang lebih muda, dengan pakaian desainer yang modis, dan mereka biasanya menyendiri dan makan di antara mereka sendiri, yang tidak mengherankan," kata Benny Teo, direktur pengelola Blazon, sebuah konsultan yang berspesialisasi dalam golf.

"Uangku Milikku"

Relokasi ke Singapura menempatkan kekayaan orang terkaya di China di luar jangkauan Partai Komunis China yang berkuasa di Beijing, yang tindakan kerasnya baru-baru ini telah mengguncang para miliarder.

Jack Ma, salah satu wajah yang paling dikenal dalam bisnis Asia, kehilangan sekitar USD25 miliar ketika regulator China menghentikan IPO blockbuster pada tahun 2020.

Para taipan China lainnya khawatir Partai Komunis dapat menerapkan tekanan serupa atau bahkan mengambil alih bisnis mereka dengan harga murah, kata seorang akuntan yang mengetahui situasi tersebut kepada AFP.

"Pindah ke Singapura adalah untuk memastikan kekayaan keluarga tetap aman dan dapat bertahan selama beberapa generasi," kata akuntan tersebut.

Sumber lain di industri mengatakan Singapura semakin dipandang sebagai rumah daripada hanya rencana cadangan. Dia menambahkan bahwa klien mengatakan kepadanya: "Setidaknya ketika saya di sini, saya tahu uang saya adalah milik saya."

Salah satu pendiri rantai hotpot terbesar di China, Haidilao, baru-baru ini mendirikan kantor keluarga di Singapura.

Otoritas Moneter Singapura memperkirakan bahwa jumlah kantor keluarga, perusahaan manajemen kekayaan yang didedikasikan untuk aset individu dan grup, meningkat dari 400 pada tahun 2020 menjadi 700 pada tahun 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)