Takut Partai Komunis, Para Miliarder China Lari ke Singapura

Sabtu, 04 Februari 2023 - 15:20 WIB
loading...
A A A
Loh Kia Meng, wakil kepala kekayaan pribadi dan praktik kantor keluarga di firma hukum Dentons Rodyk, memperkirakan 1.500 kantor keluarga akan didirikan pada akhir tahun lalu.

"Saya tidak heran jika angka total pada akhir 2022 menunjukkan bahwa satu dari dua kantor keluarga baru berasal dari China," kata Loh.

"Zona Netral"

Aliran keluar diperkirakan akan berlanjut meskipun kebijakan dan pembatasan ketat China saat ini telah dicabut, kata para analis.

Ketegangan politik antara Beijing dan Washington memperkuat keinginan beberapa orang terkaya China untuk pindah ke luar negeri.

"Singapura adalah zona netral yang sangat berguna di mana orang kaya raya dapat berbisnis," kata Song Seng Wun, ekonom regional CIMB Private Banking.

Negara-kota tersebut dengan cekatan mengelola hubungannya dengan Washington dan Beijing, menjaga hubungan keamanan yang erat dengan Amerika Serikat sambil menjaga hubungan perdagangan yang kuat dengan China.

"Perhatian media terhadap tokoh-tokoh kaya yang mendirikan kantor keluarga di Singapura menyoroti pulau kecil kami dan membangkitkan minat," kata Loh.

"Jika orang kaya dunia berkumpul di Singapura, mengapa saya tidak?"
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)