AL Prancis Sita Ribuan Senapan yang Coba Diselundupkan ke Yaman

Jum'at, 03 Februari 2023 - 04:30 WIB
loading...
AL Prancis Sita Ribuan Senapan yang Coba Diselundupkan ke Yaman
Angkatan Laut Prancis menyita ribuan senapan yang coba diselundupkan ke Yaman dari Iran. FOTO/CENTCOM
A A A
SANAA - Angkatan laut Prancis menyita ribuan senapan serbu, senapan mesin, dan rudal anti-tank awal bulan ini di Teluk Oman. Senjata itu datang dari Iran menuju ke milisi Houthi Yaman, kata para pejabat, Kamis (2/2/20223).

Iran tidak segera mengakui penyitaan itu. Gambar senjata yang dirilis oleh Komando Pusat militer Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa senjata itu mirip dengan senjata lain yang ditangkap oleh pasukan AS dalam pengiriman lain yang terkait Teheran.



Seperti dilaporkan AP, penyitaan itu terjadi pada 15 Januari di Teluk Oman, perairan yang membentang dari Selat Hormuz, muara sempit Teluk Persia, hingga Laut Arab dan Samudera Hindia.

Komando Pusat AS menggambarkan penyitaan terjadi “di sepanjang rute yang secara historis digunakan untuk lalu lintas senjata secara tidak sah dari Iran ke Yaman.”

Sebuah resolusi PBB melarang pengiriman senjata ke milisi Houthi yang didukung Iran di Yaman, yang merebut ibu kota negara itu pada akhir 2014 dan telah berperang dengan koalisi pimpinan Saudi yang mendukung pemerintah negara yang diakui secara internasional sejak Maret 2015.

The Wall Street Journal pertama kali melaporkan penyitaan tersebut, mengidentifikasi pasukan yang terlibat sebagai pasukan khusus elit Prancis. Seorang pejabat regional yang mengetahui larangan tersebut, yang berbicara kepada The Associated Press dengan syarat anonim karena tidak memiliki izin untuk berbicara secara terbuka tentang rincian operasi, juga mengidentifikasi Prancis yang melakukan penyitaan.



Militer Prancis tidak menanggapi permintaan komentar tentang penyitaan senjata. Komando Pusat AS tidak segera menanggapi pertanyaan tentang penyitaan tersebut, begitu pula misi Iran ke PBB.

Sementara Prancis mempertahankan pangkalan angkatan laut di Abu Dhabi, biasanya mengambil pendekatan yang lebih tenang di wilayah tersebut sambil mempertahankan kehadiran diplomatik di Iran.

Iran telah lama membantah mempersenjatai Houthi, meskipun negara-negara Barat, pakar PBB, dan lainnya telah melacak persenjataan mulai dari night-vision scope, senapan, dan rudal kembali ke Teheran.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)