Daftar 46 Provinsi di Negeri Beruang Merah, Rusia Jadi Negara Terluas di Dunia

Kamis, 02 Februari 2023 - 05:01 WIB
loading...
Daftar 46 Provinsi di Negeri Beruang Merah, Rusia Jadi Negara Terluas di Dunia
Warga berjalan kaki di kota Moskow, Rusia. Foto/obserwatorfinansowy.pl
A A A
MOSKOW - Tahukah kalian, Rusia menjadi negara terluas di dunia dengan 46 provinsi? Rusia memiliki luas 17,1 juta km persegi dan urutan kedua yaitu Kanada dengan luas 9,985 juta km persegi.

Menurut laporan Worldometer, luas Negeri Beruang Merah tersebut mencapai 17,1 juta kilometer persegi.

Persentase luas area Rusia mencapai 11% dari total wilayah dunia. Luasnya negara Rusia, berdampak pada banyaknya pembagian wilayah, zona waktu, dan iklim

Negara Rusia sendiri menganut bentuk negara federal. Sebagai negara federasi, Rusia memiliki subjek federal sebanyak 83, yang terdiri dari 21 republik, 46 obiast (provinsi), 10 krai (wilayah), dan 3 okrug (distrik otonom). Unit administratif yang paling banyak adalah oblast atau yang disebut provinsi.



Tidak seperti republik, provinsi di Rusia dibentuk bukan berdasarkan etnis. Ibu kota suatu provinsi diambil dari permukiman terbesar di daerah tersebut.

Provinsi Rusia memiliki 6 oblast atau daerah. Biasanya terdiri dari satu kota dan daerah sekitarnya.

Berikut adalah daftar 46 provinsi dari negara Rusia: Amur, Arkhangelsk, Astrakhan, Belgorod, Bryansk, Chelyabinsk, Irkutsk, Ivanovo, Kaliningrad, Kaluga, Kemerovo, Kirov, Kostroma, Kurgan, Kursk, Leningrad, Lipetsk, Magadan, Moskwa, Murmansk, Nizhny, Novgorod, Novgorod, Novosibirsk, Omsk, Orenburg, Oryol, Penza, Pskov, Rostov, Ryazan, Sakhalin, Samara, Saratov, Smolensk, Sverdlovsk, Tambov, Tomsk, Tula, Tver, Tyumen, Ulyanovsk, Vladimir, Volgograd, Vologda, Voronezh, dan Yaroslavl.

Di antara banyak provinsi Rusia, salah satu provinsi paling terkenal di Rusia adalah Moskow. Kantor otoritas kota Moskow sebagian terletak di kota Krasnogorsk.

Sebagian besar rumah pedesaan atau dacha orang Moskow terletak di Wilayah Moskow. Penduduk setempat juga sering datang ke sini untuk berbagai jenis hiburan misalnya keindahan alam, spa, atau sekadar piknik di tepi sungai Moskow.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)