Perkosa 2 Wanita Saat Masih Jadi Pria, Wanita Transgender Ini Malah Ditahan di Penjara Perempuan

Kamis, 26 Januari 2023 - 20:04 WIB
loading...
Perkosa 2 Wanita Saat Masih Jadi Pria, Wanita Transgender Ini Malah Ditahan di Penjara Perempuan
Isla Bryson berubah menjadi wanita transgender selama proses persidangan kasus pemerkosaan. Foto/Mike Gibbons/Spindrift Photo Agency
A A A
LONDON - Wanita transgender Isla Bryson di Inggris dihukum karena memperkosa dua wanita ketika dia masih jadi pria. Namun kini dia dikirim ke penjara khusus perempuan untuk menunggu hukuman.

Keputusan itu memicu protes dari para aktivis, politisi, dan bahkan pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Isla Bryson dari Skotlandia dinyatakan bersalah pekan ini karena melakukan pemerkosaan ketika dia sebelumnya bernama Adam Graham, pria "berotot" dengan kepala gundul dan tato wajah, menurut laporan Daily Mail.

Bryson membantah tuduhan tersebut, mengatakan kepada pengadilan tinggi Glasgow bahwa seks apa pun adalah suka sama suka dan dia "tidak akan pernah menyakiti manusia lain".



Namun, jaksa penuntut berhasil membantah juri atas persidangan enam hari bahwa Bryson (31) menyerang satu korban pada 2016 dan korban lainnya pada 2019. Kedua kejahatan tersebut terjadi di Skotlandia.

Terdakwa pertama kali muncul di pengadilan sebagai Adam Graham dan disebut demikian dalam dakwaan pengadilan tahun 2020.

Belakangan tahun itu, menurut laporan pers Inggris, dia memutuskan untuk berubah gender menjadi seorang wanita.



Bryson mengklaim ke pengadilan bahwa dia tahu dia transgender pada usia 4 tahun tetapi tidak membuat keputusan untuk transisi sampai dia berusia 29 tahun.

Dia memberi tahu juri bahwa Adam Graham adalah "nama mati"-nya.

Sekarang Bryson mendapatkan hormon wanita dan mencari operasi untuk menyelesaikan pergantian kelaminnya.

Dia saat ini ditahan di penjara khusus wanita Cornton Vale, di mana dia dilaporkan ditahan secara terpisah sampai hukuman pada akhir Februari.

Di Cornton, pemerkosa yang telah divonis itu akan menjalani penilaian risiko untuk menentukan apakah dia akan menjalani hukuman penjara terakhir di penjara wanita atau pria.

Jika Bryson dikirim ke penjara wanita selama masa hukumannya, tidak jelas apakah dia akan tetap dipisahkan.

Beberapa pengamat berpendapat akan melanggar hak asasinya untuk ditahan di sel isolasi tanpa batas waktu.

Namun, bagi para pengkritik, perdebatan semacam itu tidak penting.

"Pemerkosa ini memutuskan bahwa dia bukan lagi seorang pria hanya setelah muncul di pengadilan atas tuduhan pemerkosaan," ujar Russell Findlay, seorang anggota Parlemen Skotlandia yang konservatif.

“Kita sekarang menghadapi situasi yang sangat buruk di mana pengadilan Skotlandia merujuk seseorang yang mengatakan dia mengidentifikasi dirinya sebagai perempuan telah menggunakan 'penisnya' untuk memperkosa dua perempuan yang rentan. Kami memperingatkan hal yang tak terhindarkan ini terjadi jika undang-undang identitas diri gender SNP disahkan, tetapi untuk menjadi kenyataan sangat mengkhawatirkan dan menghina para korban,” ujar dia.

Findlay mengacu pada undang-undang SNP yang disahkan Parlemen Skotlandia bulan lalu yang memungkinkan orang semuda 16 tahun untuk mendapatkan sertifikat pengakuan gender untuk mengonfirmasi perubahan jenis kelamin legal seseorang setelah hidup dalam jenis kelamin baru mereka hanya selama tiga bulan dan tanpa memerlukan diagnosis medis disforia gender.

Pemerintah Inggris secara resmi bergerak untuk memblokir undang-undang tersebut menjadi undang-undang, yang menyebabkan bentrokan yang mungkin perlu diselesaikan di pengadilan.

Anggota Parlemen Inggris juga menentang gagasan pengiriman Bryson ke penjara wanita.

“Bagi banyak orang, terpidana pemerkosa ini akan terlihat mempermainkan sistem untuk mencoba dan mengumpulkan simpati dan berakhir di penjara wanita,” papar Joanna Cherry, politisi Skotlandia yang memimpin Komite Bersama Hak Asasi Manusia, kepada Times Radio.

“Perempuan di penjara sangat rentan. Banyak wanita di penjara telah dilecehkan dan menderita luka-luka selama bertahun-tahun. … Saya sangat prihatin tentang keselamatan tahanan wanita, yang telah ditempatkan bersama seorang terpidana pemerkosa,” ujar dia.

Sementara itu, Susan Smith dari grup For Women Scotland, mengatakan "menjijikkan" bahwa Bryson ditahan di Cornton Vale.

Reem Alsalem, pelapor khusus PBB tentang kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan, mengatakan dia “mengingat berkali-kali kami diberitahu bahwa gagasan laki-laki pemangsa dan kekerasan mungkin ingin mengambil keuntungan dari adanya celah dalam sistem dan perlindungan yang lemah untuk memasuki ruang yang disediakan untuk wanita itu konyol.”

Meskipun ditentang seperti itu, beberapa pejabat telah menyatakan dukungan dan keyakinan pada keputusan mengirim Bryson ke penjara wanita.

“Faktanya adalah bahwa Layanan Penjara Skotlandia memiliki rekam jejak yang panjang, saya berbicara 20 tahun atau lebih dalam menilai risiko di dalam penjara kita, termasuk yang disajikan oleh kehadiran narapidana trans, baik untuk narapidana trans itu sendiri dan tahanan lainnya,” ungkap Menteri Kehakiman Skotlandia Keith Brown.

“Mereka tidak melakukan pekerjaan ini dengan cepat. Mereka melakukannya selama periode waktu tertentu, melibatkan banyak organisasi berbeda. Mereka melakukan penilaian risiko penuh, dan mereka (membuat) keputusan berdasarkan itu,” ujar dia.

Di mana pun Bryson dipenjara, sepertinya dia akan berada di sana untuk waktu yang lama.

“Anda telah dihukum karena dua tuduhan yang sangat serius. Mengingat apa yang Anda telah dihukum, hukuman kustodian yang signifikan tidak dapat dihindari,” ujar hakim kepadanya di pengadilan.

"Saya akan mencabut jaminan dan menahan Anda untuk sementara waktu," tegas hakim.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)