Bukan Iran dan Palestina, Tapi Ini Ancaman Terbesar Israel

Rabu, 25 Januari 2023 - 00:20 WIB
loading...
Bukan Iran dan Palestina, Tapi Ini Ancaman Terbesar Israel
Ancaman terbesar Israel pada tahun ini adalah kerusakan hubungan dengan Barat. Foto/Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Ancaman strategis terbesar yang saat ini dihadapi Israel adalah memburuknya hubungan luar negerinya, terutama dengan Amerika Serikat (AS), terutama karena upaya pemerintah baru untuk melemahkan peradilan. Demikian peringatan yang dikeluarkan sebuah lembaga pemikir keamanan terkemuka Israel dalam laporannya.

Setiap tahun, Institute for National Security Studies (INSS) merilis laporan yang merinci apa yang dianggapnya sebagai ancaman terbesar yang dihadapi Israel. Pada tahun-tahun sebelumnya, institut terkenal, yang berafiliasi dengan Universitas Tel Aviv, mengutip Iran , perang Suriah, dan proyek rudal presisi Hizbullah.

Tahun ini, dalam penilaian tahunannya yang dirilis pada hari Senin, memperingatkan bahwa pemerintah sayap kanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dapat mengambil tindakan yang akan dianggap oleh Barat merusak demokrasi, yang dapat membahayakan hubungan Israel dengan Washington serta keamanannya dalam jangka panjang.

Laporan itu mengatakan upaya pemerintah untuk melemahkan sistem peradilan akan meningkatkan polarisasi dalam masyarakat Israel, akibatnya melemahkan ketahanan sosial - komponen penting dalam kemampuan Israel untuk mengatasi ancaman eksternal.

Pada awal Januari, pemerintahan baru, sayap paling kanan dalam sejarah Israel, menyusun rencana untuk merombak sistem peradilan.

Jika diterapkan, reformasi tersebut diperkirakan akan melemahkan peradilan, yang dituduh Netanyahu dan koalisinya dari partai sayap kanan dan ultra-Ortodoks memajukan agenda sayap kiri melalui putusan pengadilan utama.

Reformasi yang direncanakan, yang telah memicu protes besar-besaran di Tel Aviv dan Yerusalem, juga akan membuka pintu bagi pemerintah untuk membatalkan tuduhan korupsi yang dihadapi Netanyahu.

Baca: Israel Akui Tembak Mati Pria Palestina Tanpa Alasan

Sementara itu, ketegangan antara pengadilan dan pemerintah telah meningkat dalam beberapa hari terakhir menyusul keputusan Mahkamah Agung yang mendiskualifikasi Aryeh Deri, menteri dalam negeri dan kesehatan Israel, dari memegang jabatan politik atas hukuman pidana masa lalu.

Deri adalah salah satu sekutu terdekat dan paling berpengalaman Netanyahu serta memainkan peran sentral dalam kembali berkuasa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4641 seconds (11.252#12.26)